Artikel Komputer Dan Masyarakat Sistem Informasi 2017 A Fakultas Ilmu Komputer

Oleh Deyana Amelia

896,4 KB 3 tayangan 0 unduhan
 
Bagikan artikel

Transkrip Artikel Komputer Dan Masyarakat Sistem Informasi 2017 A Fakultas Ilmu Komputer

ARTIKEL KOMPUTER DAN MASYARAKAT (KOMPUTER DAN ILMU KOMPUTER) Dosen Pembimbing : Fauziah, M.Kom. Disusun Oleh : Deyana Amelia Rahmah 20170910068 SISTEM INFORMASI 2017 A FAKULTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KUNINGAN KOMPUTER 1. Pengertian Komputer Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut sebagai komputer. Seorang ahli mekanik bernama Charles Babbage adalah yang pertama kali menemukan konsep tentang komputer mekanik pertama, tepatnya pada awal abad ke-19 yaitu sekitar tahun 1830-an, sehingga beliau mendapat julukan bapak komputer. Secara bahasa komputer didefinisikan sebagai alat yang melakukan proses perhitungan aritmatika. Secara umum, Komputer didefinisikan sebagai seperangkat alat elektronik yang mengubungkan komponen satu dengan yang lainnya sehingga menghasilkan informasi yang sebelumnya telah diolah terlebih dahulu. 1.1 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli  Komputer adalah alat elektronik yang bekerja secara sistematis dan cermat untuk mengolah berbagai macam data. Seperti data angka, suara dan gambar. (KBBI)  Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. (Robert H Blissmer)  Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. (V.C Hamacher) 1.2 Elemen komputer a) Pengertian brainware (user) : brainware adalah orang yang menggunakan atau mengoperasiakan sebuah komputer atau laptop, contoh dari brainware adalah programmer ( sebutan bagi orang yang melakukan surfing di internet ). b) pengertian software (perangkat lunak) : software adalah komponen yang tidak dapat disentuh secara fisik, tetapi terdapat di dalam sebuah komputer, contoh dari software adalah :  sistem operasi : merupakan software yang di gunakan untuk menghubungkan antara hardware dengan user/pengguna.  aplikasi : merupaka sofware yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan user/pengguna, contohnya adalah mozila firefox, google chrome, corel draw, dan microsoft office. c) pengertian hardware (perangkat keras) : merupakan komponen pada komputer yang dapat dilihat dan disentuh secara fisik, jadi rupa atau bentuk dari sebuah komputer dapat kita sebut sebagai hardware atau perangkat keras, contoh dari hardware adalah : 1. perangkat output/keluaran : merupakan hardware yang di gunakan untuk menghasilkan suatu proses keluaran atau output dari user atau pengguna komputer, contohnya printer, speaker, dan monitor. 2. perangkat input/masukkan : merupakan hardware yang di gunakan untuk memasukkan perintah dari pengguna atau user, contohnya keyboard, mouse, dan proyektor. 3. Slot pada computer  ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis  AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis  IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD  USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan) 1.3 fungsi dasar sistem komputer  Fungsi Operasi Pengolahan Data (Data Processing) Komputer harus dapat memproses data. Representasi data di sini bermacam–macam, akan tetapi nantinya data harus disesuaikan dengan mesin pemrosesnya. Dalam pengolahan data.  Fungsi Operasi Penyimpanan Data (Data Storage) Komputer memerlukan unit penyimpanan sehingga diperlukan suatu fungsi Penyimpanan data. Walaupun hasil komputer digunakan saat itu, setidaknya komputer memerlukan media penyimpanan untuk data prosesnya.  Fungsi Operasi Pemindahan Data (Data Movement) Dalam interaksi dengan dunia luar sebagai fungsi Pemindahan data diperlukan antarmuka (interface), proses ini dilakukan oleh unit Input/Output (I/O) dan perangkatnya disebut peripheral. Saat interaksi dengan perpindahan data yang jauh atau dari remote device, komputer melakukan proses komunikasi data.  Fungsi Operasi Kontrol (Control) Fungsi Pengendalian juga dilakukan oleh komputer, baik pengendalian internal dalam komputer itu sendiri maupun pengendalian eksternal , yaitu pengendalian peralatan lain. 2. Sejarah Perkembangan Komputer 2.1 Komputer Generasi Pertama (1946-1959) Generasi ini merupakan generasi pertama dari sejarah perkembangan komputer. Dimana pada generasi ini terdapat komputer-komputer seperti ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) pada tahun 1946 dan UNIVAC (UNIVersal Automatic Computer) pada tahun 1951. Ciri-ciri pada komputer generasi pertama ini adalah:   Komputer masih menggunakan tabung hampa udara (vacuum tube) untuk sirkuitnya. Program hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin (machine language).       Menggunakan konsep stored-program, yaitu operasi komputer dikontrol oleh program yang disimpan di dalam memori komputer. Media penyimpanan berupa magnetic tape dan magnetic disk. Ukuran fisik komputernya relative besar. Komputer cepat panas dan prosesnya kurang cepat. Membutuhkan daya listrik yang sangat besar. Komputer diorientasikan pada bidang bisnis. 2.2 Komputer Generasi Kedua (1959-1964) Perkembangan komputer pada Generasi kedua hanya merupakan modifikasi atas perkembangan yang sebelumnya sudah ada pada generasi pertama. Dimana generasi kedua ini hanya meningkatkan performance dan kualitas dari komputer di generasi pertama. Ciri-ciri pada komputer generasi kedua ini adalah:  Komputer sudah menggunakan transistor untuk sirkuitnya.  Program sudah dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language). Seperti : FORTRAN, COBOl, ALGOL.  Memori komputer sudah mencapai puluhan ribu karakter.  Media penyimpanan berupa removable magnetic tape dan removable magnetic disk.  Mempunyai kemampuan proses real-time dan time-sharing.  Ukuran fisik komputernya sudah lebih kecil.  Proses operasi sudah cepat, hingga mencapai jutaan operasi per detik.  Orientasi komputer berkembang ke bidang teknik. 2.3 Komputer Generasi Ketiga (1964-1970) Komputer generasi ketiga sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama di dalam pemrosesan. Dimana pada generasi ini komputer sudah sangat cepat dan sudah dapat melakukan multitasking. Ini pun merupakan kombinasi dari generasi pertama dan kedua di dalam meningkatkan performance komputer. Ciri-ciri pada komputer generasi ketiga ini adalah :    Komponen yang digunakan saat ini adalah IC (Integrated Circuits). Memori komputer sudah lebih besar, yaitu mencapai ratusan ribu karakter. Kecepatannya 10.000 kali dari komputer generasi pertama, yaitu mencapai milyard operasi per detik.     Komputer sudah mampu melakukan multiprocessing dan multiprogramming. Media penyimpanannya berupa magnetic disk berkapasitas besar (jutaan karakter). Mampu melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lainnya. Harga komputer semakin murah, dan listrik semakin hemat. 2.4 Komputer Generasi Keempat (1970-2016) Generasi Keempat ini merupakan generasi dimana munculnya PC (Personal Computer). Dimana para teknik komputer mengembangan komputer lebih signifikan lagi mulai dari bentuk, ukuran, interface, dan lainnya untuk mencapai suatu teknologi yang sempurna. Hal-hal tersebut dibuktikan dengan munculnya : IBM 370 (1970) yang merupakan komputer generasi keempat yang pertama kali muncul. Apple II (1977) yang merupakan komputer mikro (komputer personal yang pertama). Dan Xerox Star (1981) yang merupakan komputer dengan Graphical User Interface (GUI) yang pertama. Ciri-ciri pada komputer generasi keempat ini adalah :          Komputer sudah menggunakan Large Scale Integration (LSI), yatu pemadatan beriburibu IC ke dalam sebuah chip. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI). Dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan Microprocessor. Kecepatannya sudah berjuta-juta kali lipat dari komputer generasi pertama. Ukuran komputer sudah sangat minimalize dan dirancang sekecil mungkin. Memiliki ukuran yang kecil namun berperformance tinggi. Komputer sudah dilengkapi dengan software-software yang canggih. Perkembangan hardware dan software sudah saling mendukung. Harga sudah sangat relative murah dibandingkan dengan generasi yang sebelumnya. 2.5 Komputer Generasi Kelima (Mulai Abad 21 – Saat ini) Perkembangan Generasi Kelima ini ditandai dengan munculnya AI (Artificial Intellegence) yang merupakan kecerdasan buatan yang diciptakan manusia kedalam komputer. Dimana komputer dapat bertindak dan diberikan kecerdasan (konteks Ilmiah) layaknya seperti manusia. Ciri-ciri dari komputer generasi kelima ini adalah :       Masih tetap menggunakan Large Scale Integration (LSI), namun sudah banyak dimodifikasiKomputer Generasi Kelima perkembangannya. Sudah menghubungkan berbagai bidang ke dalam komputer, seperti : Sistem Pakar, Logika Fuzzy, Jaringan Saraf Tiruan, dan Robotika. Menggunakan teknologi Artificial Intellegence (AI) dalam memproses suatu perintah. Komputer dirancang agar dapat menyamai layaknya manusia sendiri. Mengoptimasikan tugas-tugas perilaku cerdas, layaknya : pengendalian, perencanaan dan penjadwalan, kemampuan untuk menjawab diagnosa dan pertanyaan pelanggan, serta pengenalan tulisan tangan, suara dan wajah. Merupakan Komputer Evolusioner, yaitu menerapkan konsep-konsep yang terinspirasi secara biologis seperti populasi, mutasi dan “survival of the fittest” untuk menghasilkan pemecahan masalah yang lebih baik. 3. Jenis Komputer 3.1 Komputer mikro (microcomputer) Adalah sebuah kelas komputer yang menggunakan mikroprosesor sebagai CPU utamanya. Komputer mikro juga dikenal sebagai Personal Computer (PC), Home Computer, atau Small-business Computer. Komputer mikro yang diletakkan di atas meja kerja dinamakan dengan desktop, sedangkan yang dapat dijinjing (portabel) dinamakan dengan Laptop, karena sering diletakkan di atas paha. Ketika komputer mikro pertama kali muncul ke pasaran, komputer jenis ini dianggap sebagai perangkat yang hanya digunakan oleh satu orang saja, yang mampu menangani informasi yang berukuran 4-bit, 8-bit, atau 16-bit (dibandingkan dengan minicomputer atau mainframe yang mampu menangani informasi lebih dari 32-bit) pada satu waktunya. Pengembangan lebih lanjut, menjadikan klasifikasi antara mainframe, minicomputer dan komputer mikro menjadi tidak relevan lagi, karena komputer mikro yang baru mampu menangani informasi 32-bit, atau 64-bit dalam satu waktunya, sama seperti halnya mainframe atau minicomputer. Selain itu, komputer mikro juga sekarang telah mendukung banyak pengguna dalam satu waktunya. komputer mikro didesain untuk digunakan di dalam rumah, sekolah, atau perkantoran. Berikut ini adalah beberapa jenis komputer mikro yang pernah beredar :  Altair 8800  Tandy TRS-80  IBM PC/kompatibel (Desktop)  IBM PC/kompatibel (Laptop)  Apple 3.2 Server (Peladen) Merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Peladen didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar,dan juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Peladen juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya contoh sepertihalnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan. Dilihat dari fungsinya, peladen bisa di kategorikan dalam beberapa jenis, seperti peladen aplikasi, peladen data maupun peladen proksi. Peladen aplikasi adalah peladen yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam aplikasi yang dapat diakses oleh klien, peladen data sendiri digunakan untuk menyimpan data baik yang digunakan klien secara langsung maupun data yang diproses oleh peladen aplikasi. Peladen proksi berfungsi untuk mengatur lalu lintas di jaringan melalui pengaturan proksi. Orang awam lebih mengenal proxy server untuk mengkoneksikan komputer klien ke Internet. Kegunaan peladen sangat banyak, misalnya untuk situs web, ilmu pengetahuan, atau sekadar penyimpanan data. 3.3 Superkomputer Adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970-an sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaanya sendiri, Cray Research. Dia kemudian mengambil pasaran superkomputer dengan desainnya, dalam keseluruhan menjadi pemimpin superkomputer selama 25 tahun (1965-1990). Pada tahun 1980an beberapa pesaing kecil memasuki pasar, yang bersamaan dengan penciptaan komputer mini dalam dekade sebelumnya. Sekarang ini, pasar superkomputer dipegang oleh IBM dan HP, meskipun Cray Inc. masih menspesialisasikan dalam pembuatan superkomputer. Penggunaan superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dan lain-lain. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama superkomputer. Desain superkomputer lebih unggul dalam kecepatan daripada komputer di rumah-rumah biasa dengan menggunakan desain inovatif berbentuk lemari yang membuat mereka dapat melakukan banyak tugas secara paralel, dan juga detail sipil yang rumit. Komputer ini biasanya dikhususkan untuk penghitungan tertentu, biasanya penghitungan angka, dan tidak bagus hasilnya dalam tugas umum. Hierarki memorinya didesain secara hati-hati untuk memastikan prosesornya tetap menerima data dan instruksi setiap saat; dalam kenyataan, perbedaan performa dengan komputer biasa terletak di hierarki memori dan komponennya. Sistem I/Onya juga didesain supaya bisa mendukung bandwidth yang lebar. Seperti dengan sistem paralel pada umumnya, hukum Amdahl berlaku, dan superkomputer didesain untuk menghilangkan kelemahan susunan seri, dan menggunakan hardware sistem paralel untuk mempercepat dari kelemahan sempitnya bandwidth. 3.4 Mainframe Mainframe computer adalah jenis computer yang berdasarkan ukurannya lebih besar daripada minicomputer. Begitu pula dengan kemampuan kecepatan mengolah data serta penyimpanan lebih besar dibandingkan dengan minicomputer. Jenis computer seperti mainframe ini tidak digunakan untuk single user. Akan tetapi, Mainframe computer digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang memiliki kemampuan untuk menggunakannya. Pasalnya,mainframe computer memiliki harga jual yang sangat mahal dan daya listrik yang sangat tinggi. Selain perusahaan besar yang memanfaatkan mainframe computer untuk keperluan produksi dan perusahaan, lembga lain yang umunnya menggunkan mainframe yaitu lembaga pendidikan,perbankan dan perusahaan asuransi. 3.5 Minicomputer (computer mini) Minicomputer adalah jenis computer yang berdasarkan ukurannya lebih besar daripada microcomputer.Microcomputer memiliki kemampuan penyimpanan data dan pengolahan data yang lebih besar daripada microcomputer. Mini coputer ini dapat digunakan oleh single user atau perusahaan besar atau suatu organisasi. 4. Komponen komputer 4.1 Processor Processor Komponen yang satu ini sering kali di sebut ibarat otak sebuah komputer, sesuai namanya processor adalah komponen yang bertugas memproses perintah dan logika yang diberikan oleh operator komputer, banyaknya jenis processor yang ada sebanding dengan software yang berkembang dipasaran kerena dituntut untuk dapat melakukan banyak perkerjaan salam satu waktu terkadang pemilihan processor yang kita gunakan harus tepat, karena jika sampai salah pilih akan berimbas pada lambatnya proses kerja sebuah komputer yang pasti berimbas langusng pada pekerjaan pengguna komputer.  Fungsi processor 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Mengitegrasikan keseluruhan komponen internak komputer agar dapat saling bekerja sama. Menjaga performa dari sebuah komputer Mengolah perhitungan algoritma dalam menjalankan perintah yang diberikan Untuk mendukung kebutuhan spesifik dari sebuah komputer Mencegah terjadinya overlapping tugas pada tiap – tiap komponen komputer. Memastikan agar komputer dapat bekerja dengan baik Menjalankan pemrosesan informasi pada komputer. 4.2 Memory RAM adalah berasal dari singkatan Random Access Memory, RAM yaitu suatu memori tempat penyimpanan data sementara, ketika saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak (random).  Fungsi RAM Mempercepat pemeprosesan data pada PC atau komputer. Semakin besar RAM yang dimiliki maka akan semakin cepat pula komputer tersebut. RAM bisa mempercepat kinerja dari komputer, sebab RAM menyediakan ruang penyimpanan sementara untuk komputer. Dalam menyimpan datadata yang mudah diambil sehingga dapat mempercepat loading data serta program yang diakses. 4.3 Motherboard Motherboard adalah perangkat keras komputer yang memiliki peran utama dan paling vital. Di mana di dalam cara kerjanya, motherboard mengemban tugas untuk mengatur hal-hal teknis seputar BIOS (Basic Input Output System), Chipset (pengatur koneksi input-output), RAM (memori penyimpanan data sementara), VGA card (memori penyimpan data grafis), prosesor, dan Additional card (PCI, ISA).  Fungsi Motherboard Motherboard ialah sebagai pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras yang lainnya. Artinya, motherboard di sini mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras untuk disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer. Sebagai contoh, menghubungkan beberapa perangkat keras seperti prosesor, RAM, hard disk, printer, power supply, dan masih banyak lagi. 4.4 Casing Casing Adalah Kotak yang berisi komponen-komponen mainboard dan peripheral lainnya.Wadah ini digunakan sebagai tempat melindungi mainboard dan perangkat keras lainnya.  Fungsi Casing 1. Melindungi berbagai komponen didalamnya dari deebu,panas matahari,air dan kotoran lainnya pada saat bekerja. 2. Hampir semua peripheral menggunakan casing sebagai tempa dudukannya. 3. Exhaus Fan yang berfungsi sebagai pendingin ruanganpun,menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengatur suhu didalam CPU. 4. Casing PC yang juga amat penting ialah sebagai tempat dudukan tombol-tombol atau lampu-lampu. Contohnya Tombol Power pada CPU. 5. Casing juga mempunyai tugas penting yaitu sebagai kediaman (rumah mainboard) power supply yang memberikan tugas buat semua komponen. 4.5 Power Suplay Power supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Power supply berupa kotak yang umumnya diletakan dibagian belakang atas casing. Besarnya listrik yang mampu ditangani power supply ditentukan oleh dayanya dan dihitung dengan satuan Watt.  Fungsi Power supply Power supply yakni mengaliri arus listrik untuk komponen2 atau hardware pada komputer dengan arus DC( arus searah ), arus listrik yang masuk kedalam power supply berupa arus AC ( arus bolak-balik ) kemudian dikonverter ( dirubah ) menjadi arus DC ( arus searah ) baru kemudian disupply kedalam komponen-komponen elektronika yang ada dalam casing komputer seperti motherboard, kipas atau fan, cd room, harddisk dsb. 4.6 CDRom CD/DVD ROM atau juga yang bisa disebut dengan optical disk drive ini adalah piranti yang dapat digunakan untuk menulis dan membaca kaset atau kepingan CD/DVD. Selain itu, CD/DVD ROM juga dapat digunakan untuk mem-burning atau meng-copy CD dengan menggunakan berbagai software seperti Nero, Infra Recorder, dan sebagainya. Telepas dari itu, adapun format yang termasuk kedalam CD/DVD ROM adalah CD-ROM drive, CD-RW drive, DVD-ROM drive, dan DVD-RW drive. 4.7 Monitor Monitor adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil proses dari komputer dalam bentuk teks, gambar, ataupun video secara visual. Dalam hal ini monitor berperan sebagai perangkat output penyusun sebuah komputer dan sebuah komputer takkan bisa digunakan jika monitornya tidak ada. Itulah alasan mengapa monitor dianggap sangat penting dalam sebuah komputer.  Fungsi Monitor Monitor berfungsi dan berperan untuk menampilkan semua data hasil proses baik itu teks, gambar, atau video yang berasala dari hasil proses. Semua monitor memiliki resolusi yang berbeda – beda dalam menampilkan gambar yang dihasilkan dari perangkat proses. Misalnya sebuah layar monitor 17 inci memiliki resolusi 1024x768. Inci merupakan ukuran diagonal pada sebuah monitor, sedangkan resolusi merupakan lebar dan tinggi pixel yang akan menentukan kualitas gambar yang ditampilkan pada sebuah monitor. 4.8 VGA VGA CARD adalah sebuah kartu atau Card yang digunakan untuk meneruskan informasi dari motherboard menuju ke layar monitor, sehingga menjadi informasi yang dapat dibaca oleh manusia. Pada beberapa jenis komputer sekarang ini biasanya VGA Card sudah OnBoard artinya sudah langsung menjadi satu pada motherboard. Namun ada juga kadang yang tidak On Board.  Fungsi VGA Card Untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA digunakan juga untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Bermanfaat untuk menggambar, bermain game, dan lainnya. 4.9 Hardisk Hard Disk adalah perangkat keras komputer/laptop yang bekerja secara sistematis dimana menjadi media penyimpanan data. Data-data yang telah disimpan di dalam perangkat harddisk tidak akan hilang. Bahkan apabila pengguna mematikan perangkat komputer/laptop. Dengan kata lain, harddisk memiliki peran sebagai media penyimpanan yang bersifat permanen (data-data tidak akan hilang atau terhapus). Kapasitas daya tampung daripada harddisk itu sendiri juga terbilang cukup besar. Dimana kalkulasi yang dipakai adalah dalam ukuran Byte (B).  Fungsi Hard Disk Fungsi secara umum adalah untuk menyimpan data yang dihasilkan oleh pemrosesan perangkat computer atau laptop. Di dalamnya, terdapat sebuah ruang simpan utama dalam sebuah komputer. Dimana di situlah setiap data dan informasi disimpan olehnya. Selain memiliki ruang utama, harddisk juga mempunyai komponen-komponen bagian. Adalah semacam ruang kecil yang terdiri atas direktori, folder, subdirektori, serta subfolder, yang digunakan untuk peletakan data dan informasi dari ruang utama harddisk. 5. Cara Kerja Komputer 5.1 Pemasukan (Input) Tahap pemasukan (input) merupakan tahap awal dari proses pengolahan yang terjadi pada sistem komputer. Tahap ini berupa pemasukan data mentah ke dalam sistem komputer melalui input device. Contoh dari peralatan masukan (input device) diantaranya, keyboard, mouse, scanner, dll. Alatalat inilah yang digunakan untuk memasukan data yang hendak diolah. Seperti hal nya keyboard, difungsikan untuk memasukan huruf, angka, maupun simbol-simbol lainnya ke dalam komputer yang selanjutnya akan diproses. 5.2 Pemrosesan (Process) Pada tahap ini, data yang telah dimasukan melalui peralatan input tadi akan diproses. Tahap proses ini dilakukan oleh processing device yaitu CPU. Yang mana CPU ini dapat melakukan fungsi perhitungan dan logika untuk perbandingan (ALU) dan juga mengontrol (CU). Pada tahap ini, data yang masih mentah tadi diproses sedemikian rupa sehingga data tersebut siap dicetak menjadi informasi yang lebih bermanfaat. 5.3 Pengeluaran (Output) Pada tahap ini, data yang tadinya telah dimasukan melalui peralatan input, kemudian diproses oleh CPU akan bisa dicetak apabila sudah siap. Pencetakan ini bisa berupa hardcopy dan juga softcopy. Hard copy berarti menggunakan media fisik seperti kertas ataupun yang lainnya. Softcopy berarti menampilkan gambar visual melalui monitor ataupun projektor. Yang termasuk dalam peralatan output disini adalah, monitor, projector, printer, dll. 5.4 Penyimpanan (Storage) Tahap ini merupakan proses perekaman hasil pengolahan ke alat penyimpan (storage device) dan dapat dipergunakan kembali sebagai input untuk proses selanjutnya. Jadi, data mentah yang telah diproses tadi dapat disimpan pada media penyimpanan (Storage device) agar nantinya bisa digunakan kembali sewaktu-waktu apabila ingin mencetak data tersebut. Pada gambar terlihat dua anak panah yang saling berlawanan arahnya, ini menunjukan bahwa data dapat disimpan dan diambil kembali jika dibutuhkan untuk keperluan pengolahan data. Sebenarnya, pengolahan data ini tidaklah memiliki ujungnya. Terbukti, dari informasi yang didapat dari data yang diolah sebelumnya, masih bisa dikembangkan lagi menjadi sebuah informasi yang lebih bermanfaat lagi. ILMU KOMPUTER 1. Pengertian Ilmu Komputer Ilmu komputer (Computer Science), Secara umum diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik tentang komputasi, perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Ilmu komputer mencakup beragam topik yang berkaitan dengan komputer, mulai dari analisis abstrak algoritme sampai subyek yang lebih konkret seperti bahasa pemrograman, perangkat lunak, termasuk perangkat keras. Sebagai suatu disiplin ilmu, Ilmu Komputer lebih menekankan pada pemrograman komputer, dan rekayasa perangkat lunak (software), sementara teknik komputer lebih cenderung berkaitan dengan hal-hal seperti perangkat keras komputer (hardware). Namun, kedua istilah tersebut sering disalah artikan oleh banyak orang. Tesis Church-Turing menyatakan bahwa semua alat komputasi yang telah umum diketahui sebenarnya sama dalam hal apa yang bisa mereka lakukan, sekalipun dengan efisiensi yang berbeda. Tesis ini kadang-kadang dianggap sebagai prinsip dasar dari ilmu komputer. Para ahli ilmu komputer biasanya menekankan komputer von Neumann atau mesin Turing (komputer yang mengerjakan tugas yang kecil dan deterministik pada suatu waktu tertentu), karena hal seperti itulah kebanyakan komputer digunakan sekarang ini. Para ahli ilmu komputer juga mempelajari jenis mesin yang lain, beberapa diantaranya belum bisa dipakai secara praktikal (seperti komputer neural, komputer DNA, dan komputer kuantum) serta beberapa diantaranya masih cukup teoretis (seperti komputer random and komputer oracle). Ilmu Komputer mempelajari apa yang bisa dilakukan oleh beberapa program, dan apa yang tidak (komputabilitas dan intelegensia buatan), bagaimana program itu harus mengevaluasi suatu hasil (algoritme), bagaimana program harus menyimpan dan mengambil bit tertentu dari suatu informasi (struktur data), dan bagaimana program dan pengguna berkomunikasi (antarmuka pengguna dan bahasa pemrograman). Ilmu komputer berakar dari elektronika, matematika dan linguistik. Dalam tiga dekade terakhir dari abad 20, ilmu komputer telah menjadi suatu disiplin ilmu baru dan telah mengembangkan metode dan istilah sendiri. Departemen ilmu komputer pertama didirikan di Universitas Purdue pada tahun 1962. Hampir semua universitas sekarang mempunyai departemen ilmu komputer. Penghargaan tertinggi dalam ilmu komputer adalah Turing Award, pemenang penghargaan ini adalah semua pionir di bidangnya. 2. Pengertian Ilmu Komputer menurut beberapa ahli a) Edsger Dijkstra : komputer bukan tentang komputer sebagaimana astronomi bukan tentang teleskop. b) Richard Feynman : Ilmu komputer umurnya tidak setua fisika; lebih muda beberapa ratus tahun. Walaupun begitu, ini tidak berarti bahwa "hidangan" ilmuwan komputer jauh lebih sedikit dibanding fisikawan. Memang lebih muda, tapi dibesarkan secara jauh lebih intensif. c) Denning : Menurut Denning, Ilmu komputer merupakan studi sistematik yang berkaitan tentang proses algoritmik yang menjelaskan transformasi informasi baik hal tersebut berupa teori, analisa, desain, efisiensi, dan aplikasi-aplikasi yang ada. d) Menurut CSAB (Computing Sciences Accreditation Board) : Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan computer dan komputasi. Di dalamnya terdapat teoritika, eksperimen, dan pendesainan komponen, serta termasuk didalamnya hal-hal yang berhubungan dengan:  Teori-teori untuk memahami komputer device, program, dan system,  Eksperimen untuk pengembangan dan pengetesan konsep,  Metodologi desain, algoritma, dan tool untuk merealisasikannya,  Metode analisa untuk melakukan pembuktian bahwa realisasi sudah sesuai dengan requirement yang diminta. Ilmu komputer merupakan sebuah hal yang mempelajari apa yang dapat dan tidak dapat dilakukan oleh beberapa program (komputabilitas dan intelegensia buatan), tentang bagaimana sebuah program harus mengevaluasi sebuah hasil (algoritma), bagaimana sebuah program harus menyimpan dan mengambil bit dari sebuah infromasi (struktur data) dan masih banyak lainnya. 3. Sejarah Ilmu Komputer Disiplin Ilmu Komputer sudah muncul sejak era tahun 1940, seiring dengan berpadunya teori algoritma dan logika matematika, serta ditemukannya sejarah komputer elektronik dengan kemampuan penyimpanan program. Adalah Alan Turing dan Kurt Godel, yang pada tahun 1930- an berhasil memadukan algoritma, logika, dan penghitungan matematika serta merealisasikannya dalam sebuah alat atau rule system. Prinsip algoritma yang digunakan adalah dari Ada Lovelace, yang dikembangkan 60 tahun sebelumnya. Penemu algoritma sendiri yang tercatat dalam sejarah awal adalah dari seorang yang bernama Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa al Khwarizmi. Al Khwarizmi adalah seorang ahli matematika dari Uzbekistan yang hidup di masa tahun 770-840 masehi. Di literatur barat ia lebih terkenal dengan sebutan Algorizm. Kata algoritma sendiri berasal dari sebutannya ini. Sedangkan komputer analog diciptakan oleh Vannevar Bush pada tahun 1920, dan disusul dengan komputer elektronik yang dikembangkan oleh Howard Aiken dan Konrad Zuse tahun 1930. Kemudian John Von Neumann mendemonstrasikan salah satu karya fenomenalnya pada tahun 1945, yaitu sebuah arsitektur komputer yang disebut "von Neumann machine", dimana program disimpan di memori. Arsitektur komputer inilah yang kemudian digunakan oleh komputer modern sampai sekarang. Tahun 1960 adalah babak baru dimulainya formalisasi Ilmu Komputer. Jurusan Ilmu Komputer pada universitas-universitas mulai marak dibangun. Disiplin ilmu baru ini kemudian terkenal dengan sebutan Ilmu Komputer (Computer Science), Teknik Komputer (Computer Engineering), Komputing (Computing), atau Informatika (Informatics). 4. Cabang Cabang Ilmu Komputer 4.1 Data Warehouse Data warehouse memiliki beberapa definisi yang berbeda menurut pendapat beberapa ahli, diantaranya: a) WH. Inmon dan Richard : data warehouse merupakan koleksi data yang memiliki sifat berorientasi pada subjek, terintegrasi, time-wariant, dan yang memiliki sifat tetap dari koleksi data. b) Vidette Poe : data warehouse merupakan database yang memiliki sifat analisis dan read only. Sehingga digunakan untuk pondasi dari sistem penunjang keputusan. c) Menurut Paul Lane : data warehouse merupakan database yang relasional dan kemudian didesain lebih query dan analisa dari proses transaksi. Database ini biasanya memiliki history data dari proses transaksi ataupun juga dari sumber data lainnya. Data warehouse akan memisahkan beban kerja analisis dari beban kerja transaksi sehingga memungkinkan organisasi menggabungkan data dari berbagai macam sumber. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, data warehouse adalah database yang saling bereaksi satu sama lainnya yang digunakan untuk query dan analisis. Memiliki sifat orientasi subjek, terintegrasi, time-variant, dan tidak berubah bila digunakan untuk pengambilan keputusan. 4.2 Keamanan internet Cabang ilmu komputer ini digunakan untuk melindungi sumber-sumber dan informasi data pribadi didalam internet. Ketika komputer terhubung ke dalam jaringan dan saling mulai berkomunikasi, maka tentunya terdapat beberapa resiko yang harus diperhatikan. Keamanan internet meliputi perlindungan terhadap akun dan file internet di dalam komputer dari serangan atau gangguan asing. Contoh sederhanya adalah menyarankan memilih password yang baik, mengubah file permission dan masih banyak lainnya. 4.3 Mobile Computing Cabang ilmu ini mengacu pada rancangan paradigma yang digunakan untuk melakukan kegiatan atau perjalanan bisnis yang berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Beberapa contoh mobile computing antara lain adalah Notebook, Personal Digital Assistant (PDA), wireless mobile computing, smartphone, dan lain lainnya. Dengan menggunakan mobile computing, Anda dapat melakukan pekerjaan dan aktivitas Anda dimanapun Anda berada dengan menggunakan perangkat mobil dan wireless computing. Seluruh perangkat mobile membutuhkan koneksi dengan jaringan telekomunikasi yang disesuaikan dengan tujuan, kapabilitas dan ketersediaan koneksi setiap saat. Terdapat 4 jenis jaringan telekomunikasi yang dapat Anda gunakan, yaitu: 1. 2. 3. 4. Personal Area Network (PAN) , untuk lingkup yang sangat kecil Wireless Local Area Network (WLAN) Wireless Metropolitan Area Network (WMAN) Wireless Wide Area Network (WWAN) 4.4 Algoritma Cabang ilmu ini digunakan untuk memecahkan masalah. Definisi umum logaritma sendiri adalah urutan logis dalam pengambilan keputusan untuk memecahkan sebuah masalah. Jadi, Algoritam dibutuhkan untuk memberikan perintah kepada komputer untuk mengambil langkah-langkah tertentu untuk memecahkan sebuah masalah yang ada. Algoritma tidak cukup untuk hanya benar saja, namun juga harus akurat dan efisien. Beberapa karakteristik ilmu algoritma adalah:    Algoritma tidak hanya benar namun juga harus akurat dan efisien. Algoritma numerik akan mengakumulasikan kesalahan-kesalahan yang diakibatkan dari pembulatan yang kurang akurat. Algoritma akan membutuhkan interaksi yang akan menyebabkan penggunaan memori dan penyimpanan dalam komputer yang besar. Digunakannya pembuatan kode program dan teknik yang digunakan untuk membuat kode menjadi lebih efisien. Yang perlu Anda ingat adala algoritma yang efisien didalam satu masalah akan menjadi tidak efisien dalam masalah lain sehingga membutuhkan algoritma yang lebih efisien lagi. 4.5 Interaksi manusia-komputer antara manusia dan komputer merupakan sebuah rancangan program komputer yang digunakan untuk menmabntu manusia. Yang dimaksud disini adalah untuk mempelajari interaksi yang terjadi baik antara manusia dengan komputer atau manusia dengan manusia melalui sebuah dialog. Menggunakan bahasa yang dipahami oleh manusia itu sendiri. beberapa komponen interaksi antara manusia dan komputer antara lain:   USER, merupakan pengguna secara individu Komputer, teknologi yang digunakan untuk mengontrol proses atau sistem yang ada. 4.6 Pemograman Komputer Pemograman komputer merupakan kumpulan kumpulan instruksi yang sering disebut dengan source code. Biasanya source code dibuat oleh seorang programmer dalam sebuah bahasa pemograman. Di dalam pemograman komputer terdapat compiler atau kamus yang digunakan untuk menerjemahkan bahasa pemograman ke dalam bahasa mesin agar komputer dapat bekerja sesuai dengan program yang diperintahkan. 5. Pemanfaatan Ilmu Komputer dalam berbagai bidang 5.1 Bidang Pendidikan Salah satu manfaat komputer yang utama adalah di bidang pendidikan. Komputer bisa menjadi sarana belajar untuk meningkatkan kemampuan siswa. Komputer menjadi salah satu bidang studi dan kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap siswa. Dengan mempelajari dan membiasakan diri menggunakan komputer sejak sekolah, dimasa depan nantinya kita akan bisa bersaing saat masuk kedunia kerja nanti. Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah. Mengakses Informasi Pendidikan lewat Internet. Seiring perkembangan jaman Internet telah merambah sekolah-sekolah setingkat kecamatan,sehingga akses informasipun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap sekolah. 5.2 Bidang Perbankan Di dalam bidang perbankan sangat jelas sekali fungsi komputer ini. Dengan adanya komputer, segala aktivitas perbankan baik itu simpan pinjam dan transaksi keuangan lainnya dapat berjalan dengan lancar. Dengan adanya sistem yang canggih di dalam komputer perbankan dapat menjamin keamanan dan kerahasiaan dari setiap nasabah. Komputer di dalam dunia perbankan juga berfungsi untuk menyimpan dan mengolah berbagai data. Aplikasi yang terpasang di dalam komputer juga dapat menjadi salah satu sumber data analisa untuk mengambil keputusan dalam mengembangkan diri. Tanpa sistem komputer yang kuat, bidang perbankan tidak akan berjalan dengan baik. 5.3 Bidang Kesehatan Di bidang kedokteran komputer sangat berperan untuk menolong jiwa manusia, dan riset bidang kedokteran. Komputer digunakan untuk mendiagnosa penyakit, menemukan obat yang tepat, menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat. Sistem CAT (Computerized Axial Tomography) untuk menggambar struktur otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan menggunakan sinar-X. Sedangkan untuk yang bergerak menggunakan sistem DSR (Dynamic Spatial Reconstructor), yaitu melihat gambar dari berbagai sudut organ tubuh. SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography), merupakan sistem komputer yang mempergunakan gas radiokatif untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentu gambar. Bentuk lain adalah PET (Position Emission Tomography) juga merupakan sistem komputer yang menampilkan gambar yang mempergunakan isotop radioaktif. Selain itu NMR (Nuclear Magnetic Resonance), yaitu teknik mendiagnosa dengan cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hydrogen. Saat ini telah ada temuan baru yaitu komputer DNA, yang mampu mendiagnosis penyakit sekaligus memberi obat. Ehud Shapiro beserta timnya dari Institut Sains Weizmann, Rehovot, Israel, telah membuat komputer DNA ultrakecil yang mampu mendiagnosis dan mengobati kanker tertentu. Komponen penyusun komputer DNA adalah materi genetik yang diketahui urutan basanya. Seperti diketahui bahwa urutan gen secara intrinsik mempunyai kemampuan inheren untuk mengolah informasi layaknya komputer. Oleh karena itu triliunan mesin-mesin biomolekul-yang bekerja dengan ketepatan lebih dari 99,8% itu, dapat dikemas dalam setetes larutan. Komputer DNA-menggunakan untai nukleotida sebagai masukan data, dan molekul biologi aktif sebagai luaran data-dapat menghasilkan sistem kendali logis dari proses-proses biologi. Mesin ini bahkan mampu mengerjakan soal-soal matematika. 5.4 Bidang Pertahanan dan Keamanan Bidang pertahanan dan keamanan juga termasuk dalam salah satu manfaat komputer di berbagai bidang. Dengan adanya komputer, setiap negara bisa memperkuat barisan pertahanannya dari serangan luar. Peralatan canggih yang ada untuk bertahan dan menyerang juga bisa dikendalikan oleh komputer. Dibidang militer komputer digunakan untuk mengendalikan senjata atau peluru kendali. Untuk navigasi kapal laut dan kapal selam, untuk melakukan simulasi peperangan, dan melakukan pengiriman sandi-sandi rahasia militer. Negara maju seperti Amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit yang dikendalikan dari Bumi, untuk memantau serta memetakan keadaan dipermukaan Bumi, pada Perang dunia II dan yang terakhir dengan Irak , Amerika menggunakan Jaringan Inteligen yang dilengkapi dengan Teknologi komputer dan Informasi modern sehingga bisa mengalahkan lawanlawanya. DAFTAR PUSTAKA https://id.wikipedia.org/wiki/Komputer https://bierpinter.com/pengetahuan/sejarah/sejarah-komputer-generasi-pertama-sampai-kelima/ https://tipskomputer.net/jenis-jenis-komputer/ http://iltenkom.blogspot.com/2017/10/komponen-komponen-komputer-lengkap.html https://id.wikipedia.org/wiki/Ilmu_komputer http://www.pintarkomputer.com/penjelasan-lengkap-tentang-cara-kerja-sistem-komputer/ https://www.websitependidikan.com/2017/09/pengertian-ilmu-komputer-menurut-para-ahli.html https://de-kill.blogspot.com/2009/05/sejarah-ilmu-komputer.html http://viandra-onepiece.blogspot.com/2012/07/manfaat-komputer-dalam-berbagai-bidang_18.html https://ervinnorvaidah.wordpress.com/aplikasi-komputer/fungsi-dasar-sistem-komputer/ https://anaksmkzainal.wordpress.com/pengertian-dan-fungsi-komponen-dan-3-elemen-yang-terdapatpada-komputer/ https://salamadian.com/fungsi-komponen-pengertian-komputer/

Judul: Artikel Komputer Dan Masyarakat Sistem Informasi 2017 A Fakultas Ilmu Komputer

Oleh: Deyana Amelia

Ikuti kami