Ilmu Filsafat Kritik Tidak Sesuai Dengan Negara Indonesia Saat Ini

Oleh Aslam Hanafia

57,7 KB 9 tayangan 2 unduhan
 
Bagikan artikel

Transkrip Ilmu Filsafat Kritik Tidak Sesuai Dengan Negara Indonesia Saat Ini

Ilmu Filsafat kritik tidak sesuai dengan negara indonesia saat ini Oleh : aslam hanafia mr (Ilmu sosial dan ilmu politik) , Jurusan ilmu politik universitas sumatra utara dalam.penulisan saya akan menjelaskan tentang pendapat saya atau argumet terhadap masalah kritikan dengan pemerintah dan dengan yang orang yang pro pemerintah dalam penulisan ini saya akan menjelaskan tentang masalah kritikan dalam filsafat kritikan kritik dalam arti disampaikan untuk memperbaiki pendapat atau perilaku seseorang dan bukan didasarkan atas kebencian terhadap orangnya tersebut, namau banyak sekali terjadi ketika saya mengkritik pemerintah dan di katakan bahwa saya adalah anti pemerintah sekarang. justru saya peduli terhadap pmerintah sekarang dan mengaktifkann sebuah sistem demokrasi karna dalam arti demokrasi dalam bidang pemerintah ialah masyarakat yang memberikan kekuasaan yang di berikan oleh rakyat dan mempertanggung jawabin oleh rakyat , muncul lah kritikan terhadapa pemerintah tetapi banyak sekali menjadi kesalahan paham terhadap masalah kritikan dengan pemerintah, arti krtik itu dengan garis besar memperbaikin tingkah pola pemikir ,contoh ada suatu kebijakan pemerintah sekarang dengan kenaikan bpjs dan pembangunan jalan tol, yang di mana itu adalah yang bertentang dengan dasar negara kita ialah pancasila, kenapa demikian ,dalam suatu kebijakan pemerintah sekarang, dalam masalah pertama ialah kenaikan bpjs , pemerintah tidak melihat ekonomi masyarakat sekarang yang di mana banyak kesulitan ekonomi dalam masa sekarang ini, akibat utang negara terhadap infrastruktur pembangunan, dan masyarakat ekonomi ke bawah yang menderita atas kebijakan pemerintah sekarang apakah bisa di sebut bahwa dasar negara ialah pancasila tentu tidak karna ada pertentang dengan sila-sila pancasila dengan kebijakan pemerintah sekarang yaitu sila ke 5, masalah (amdal) publik di isu lingkungan, menterinya bilang silakan investasi datang dan kita tidak perlu amdal. Demi sebuah invetasi yang datang. berarti dasar negara yang kita sebut adalah pancasila berarti gagal ketika pemerintah menciptakan suatu kebijakann seperti itu. Dan tugas masyarakat yang berdemokrasi harus mengkritik terhadap kebijakan yang sangat bertentang masalah dasar negara itu,bukan kita hanya diam tanpa ada kritik terhadap suatu kebijakan itu,tetapi masyarakat yang fanatik dengan hal mengkritik pemerintahannya mereka selalu menciptakan stament yang tidak masuk akal, dalam contoh ketika saya berdebat dengan kawan saya terus dia berkata jangan mengkritik saja tetapi cari solusi buat tindakan, apa dalilnya ketika saya memberikan solusi ,yang membuat solusi bukanlah masyarakat tetapi yang menerima gaji karna dia di percayakan untuk menjaga terhadap suatu negara ,justru yang nerima gaji dari masyarakat yang memikir solusi itu. Dengan keinginan masyarakat dalam perubahan ekonomi indonesia, Jadi dalam kritik ini adalah kerangka teori dari demokrasi ,untuk mendapatkan aktifnya demokrasi di indonesia, dan aku menyebutnya dasar negara kita sudahh gagal dengan ada suatu kebijakan itu, Dan Kritik ini adalah alat bantu membuat pemerintahan untuk lebih baik lagi bukannya para mengkritik adalah anti terhadap pemerintah ,kaerna pemerintah perlu dengan adanya kritikan untuk bernegara demokrasi, Dalam filsafat kritik menjelaskan bahwa Filsafat dalam artian ini kemudian menjadi usaha manusia untuk menemukan ‘kebenaran sejati’, dan karena kita adalah penerus tradisi ini, maka kutukan ‘filsafat pertama’ ini masih kita warisi. Filsafat dalam berbagai varian analisisnya yang abstrak, fundamental, dan konseptual akhirnya selalu membuat kita bertanya tentang “what is the real truth” (apa kebenaran sebenarnya) dan apa implikasinya. Dengan bantuan dari Aristoteles, usaha mencapai hal tersebut dipersenjatai Logika, yang intinya adalah konsistensi berpikir. Jadi, berfilsafat setelah Aristoteles adalah bertanya dengan logos. Bertanya tentang the real truth (kebenaran sebenarnya) dengan cara yang logis (konsisten). Konsistensi berpikir inilah yang kemudian melahirkan konsepsi filsafat sebagai kritik. Sejarah filsafat kemudian adalah pertarungan konsistensi. Bahwa A kurang konsisten, B tidak konsisten, dan C konsisten namun kurang radikal. Kritik, oleh karena itu, adalah usaha untuk menunjukkan bahwa pemikiran X tidak benar karena tidak logis. Dan itu penjelasan filasafat mengena maslaah arti kritik Dalam berdemokrasi banyak sekali kejadian kesalahan terhadap kritik pemerintah yang dimana mengatakan ketika mengkritik ,kritik yang terbaik terhadap pemerintah, kalau ketika mengkritik tentang negatif terhadap pemerintah akan di kenakan hukum pidana atas ujarkan kebencian , apa dalilnya ketika menciptakan suatu kritik harus ada batas wajar dan kita di suruh mengeluarkan aspirasi suara tentang hal yang positif terhadap pemerintah, kekebebasan suara seperti undang-undang yang di jelaskan Pasal penghinaan presiden diatur dalam Pasal 239 ayat (1) RKUHP. Disebutkan bahwa setiap orang di muka umum menghina presiden dan wapres, dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun atau pidana denda paling banyak Kategori IV (Rp500 juta). Ini sama hal seperti undang-undang menjaga martabat kerajaan di belanda , dan bertentang terhadap sistem demokrasi tersebut, Pasal 239 Ayat (2) menyebutkan, tidak merupakan penghinaan jika perbuatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) jelas dilakukan untuk kepentingan umum, demi kebenaran, atau pembelaan diri Secara tidak langsung ketika kita harus membuat tingkah laku yang baik dan benar atas nama presiden dengan pembelaan diri yang benar berarti kepala negara ingin menjauhkan kritik yang negatif dan secara tidak langsun pemerintah ingin seperti dewa yang ingin didalam dirinya hal benar saja tanpa ada kesalah ketika kita membuat tingkah laku yang benar atas namakan presiden,dan ketika kita berbuat tingkah laku yang tidak benar di muka umum dan ataskan nama presiden dengan kebijakan-kebijakan yang membuat pola pemikir manusia yang sangat kacau terhadap ekonomi saat ini dalam arti rakyat ketika mengatakan bapak jokowi sudah tidak benar bapak jokowi sudah tidak bercus lagi jadi pemerintah karna membuat rakyat sensara dengan faktor ekonomi yang di buat nya dengan mengatakan di muka umum,, akan di hukum pidana dengan undang-undang pidana ,ini dalam psikologi politik ingin membangun politik dinasti atas uu tersebut. publik akan terdokrin dengan kebenaran palsu atas takut dengan uu yang di sah kan dan uu ini akan menjadi alat dengan membangun politik di nasti pada masa kedepan nya karna mendapatkan hal yang baik palsu dengan kepala negara akibat tingkah laku yang benar saja untuk atas namakan presiden ,tingkah laku yang tidak baik dalam contoh mengkritik negatif terhadap presiden akan di sanksi, dan membuat harus menceritakan yang baik saja di muka umum ketika masyarakat berbicarakan tentang bapak jokowi Dan ini jelas sekali bahwa kritik di indonesia hanya terbatas untuk hal yang positif saja,dan demokrasi kita sudah gagal ketika sudah di sah dalam undang undang tersebut.. Namun dalam segi pembahasan yang sangat dalam dan saya anggap serius terhadap masalah kritik di bernegara ini,akan ada suatu ancama terhadap kebebasan bermasyarakat,karna dalam kritik sudah di bataskan terhadap negara ini, dan demokrasi akan di menikmatin golongan atas saja karna yang berkuasa yang bisa berdemokrasi terhadap negara ini bukan seluruh rakyat itu sendiri.dan demokrasi saat ini sudah di campur oleh komunisme hanya hidup untuk pemerintah dan harus mengikutin aturan-aturan pemerintah secara perlahan-lahan akan tercipta nya demokumisme demokrasi komunisme) memang kita bebas beraspirasi bersuara tapi untuk hal yang mendukung kebijakan pemerintahan saja tanpa ada hal yang negatif terhadap negara ini, dan soekarno akan menangis melihat kesucian dasar negara yang di buatnya pancasila akan sedikit bermasalah terhadap kebijakan-kebijakan yang di buat oleh pada rezim sekarang, dan anak perempuan bung karno yang terlibat dalam kebijakan itu dengan mendukung suatu kebijakan pemerintahan sekarang. Ketika anak perempuan bung karno adalah seorang mencintai negara ,beliau akan melawan dengan sistem kebijakankebijakan yang bertentang dengan pancasiila,tapi beliau adalah orang golong yang kaya karna demokrasi sekarang hanya di cicipin oleh golongan kaya saja dan para penguasa saja yang bisa membuat kritikan yang negatif terhadap pemerintah dengan demi tujuan, atau kepentingan pribadi. Tuhan menciptakan akal kepada manusia, tuhan memberikan kebebasan dalam pilihan hidup ,tuhan menciptakan semua kepada kita untuk keperluan kehidupan, namun apa yang terjadi , ciptaan tuhan hanya sia-sia saja ketika aku mempunya akal untuk membuat pendapatku atau kritik di larang di negara ku sendiri bahwa aku mempunyai tuhan kedua yaitu pemerintah yang dalam segi pembebasan hanya milik golongan iblis yang merasa dia benar ,dengan kebijakan yang menguntung seorang iblis yang mendapatkan kebebasan, seperti dalam al kitab dalam tuhan berdialog dengan iblis dengan memberi kesempatan kasih kebebasan untuk mempengaruhin manusia untuk membuktikan kepada tuhan bahwa mereka akan banyak mengikutin ku di neraka,dan itu sudah terjadi aku tidak bisa membuat apa-apa dengan akal yang di ciptakan oleh tuhan yaitu akal , aku tidak bisa mengunakan akal keselurannya dengan negara ku sendiri karna ada batasan, aku sudah mengikutin seorang iblis yang sudah dapat kebebasan dari hasil dokrin publi yang sangat luar biasa agar beliau bisa mendudukin di pemerintahan, dan kami sudah masuk neraka terhadap suatu kebijakann yang dii buatnya, Dan pokok permasalahannya kritik sudah perlahan-lahan akan hilang dengan sendirinya ketika kita kritik sudah tidak sesuai lagi dengan dengan hati dan pola pemikirinnya dan akan berdampak besar ketika rakyat tidak tegur pemerintah karna negara asing akan menguasai memalui investasi besaran-besaran dengan ada dampak terhadap ekonomi, kesehatan,sosial

Judul: Ilmu Filsafat Kritik Tidak Sesuai Dengan Negara Indonesia Saat Ini

Oleh: Aslam Hanafia


Ikuti kami