Skkd Teknik Komputer Dan Informatika

Oleh Siti Rahmah

10 tayangan
Bagikan artikel

Transkrip Skkd Teknik Komputer Dan Informatika

DASAR KOMPETENSI KEJURUAN DAN KOMPETENSI KEJURUAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
BIDANG STUDI KEAHLIAN

: TEKNOLOGI INFORMASI DAN
KOMUNIKASI
PROGRAM STUDI KEAHLIAN : TEKNIK KOMPUTER DAN
INFORMATIKA
KOMPETENSI KEAHLIAN
: 1. REKAYASA PERANGKAT LUNAK
(070)
2. TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
(071)
3. MULTI MEDIA (072)

A. Dasar Kompetensi Kejuruan
STANDAR KOMPETENSI
1.

Merakit personal
computer

KOMPETENSI DASAR
1.1 Merencanakan kebutuhan dan
spesifikasi
1.2 Melakukan instalasi komponen PC
1.3 Melakukan keselamatan kerja dalam
merakit komputer
1.4 Mengatur komponen PC
menggunakan software (melalui setup
BIOS dan aktifasi komponen sistem
operasi).
1.5 Menyambung periferal menggunakan
Software
1.6 Memeriksa hasil perakitan PC dan
pemasangan periferal.

2.

Melakukan instalasi
sistem operasi dasar

2.1 Menjelaskan langkah instalasi sistem
operasi
2.2 Melaksanakan instalasi software
sesuai Installation Manual
2.3 Mengecek hasil instalasi
menggunakan software (sampling)
2.4 Melakukan troubleshooting.

321

STANDAR KOMPETENSI
3.

Menerapkan
Keselamatan, Kesehatan
Kerja dan Lingkungan
Hidup (K3LH)

KOMPETENSI DASAR
3.1 Mendeskripsikan keselamatan dan
kesehatan kerja (K3)
3.2 Melaksanakan prosedur K3
3.3 Menerapkan konsep lingkungan hidup
3.4 Menerapkan ketentuan pertolongan
pertama pada kecelakaan.

322

B. KOMPETENSI KEJURUAN
1. Rekayasa Perangkat Lunak (070)
STANDAR KOMPETENSI
1. Menerapkan teknik
elektronika analog dan
digital dasar

KOMPETENSI DASAR
1.1

Menerapkan teori kelistrikan

1.2

Mengenal komponen elektronika

1.3

Menggunakan komponen elektronika

1.4

2. Menerapkan algoritma
pemrograman tingkat
dasar

Menerapkan konsep elektronika
digital

1.5

Menerapkan sistem bilangan digital

1.6

Menerapkan elektronika digital untuk
komputer.

2.1 Menjelaskan struktur algoritma
2.2 Membuat alur logika pemrograman
2.3 Menjelaskan Data Flow Diagram (DFD)
2.4 Membuat diagram alir pemrograman
2.5 Menjelaskan varian dan invariant
2.6 Menerapkan pengelolaan array.

3. Menerapkan algoritma
pemrograman tingkat lanjut

3.1 Menjelaskan prinsip array multi dimensi
3.2 Mengunakan array multi dimensi
3.3 Menggunakan prosedur dan fungsi
3.4 Menggunakan library pemrograman
grafik.

4. Membuat basis data

4.1 Mengidentifikasi struktur hirarki basis
data
4.2 Menjelaskan Entity Relationship
Diagram (ERD)
4.3 Menerapkan normalisasi basis data
4.4 Membuat database management
system (DBMS).

5. Menerapkan aplikasi basis
data

5.1 Menjelaskan jenis perintah SQL
5.2 Membuat table basis data
5.3 Menerapkan query pada basis data
5.4 Membuat form basis data
323

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR
5.5 Menerapkan macro pada basis data
5.6 Membuat report.

6. Memahami pemrograman
visual berbasis desktop

7. Membuat paket software
aplikasi berbasis desktop

6.1

Menjelaskan IDE aplikasi bahasa
pemograman

6.2

Menjelaskan objek aplikasi bahasa
pemograman

6.3

Menjelaskan user interface aplikasi
bahasa pemograman

6.4

Menjelaskan tipe file

6.5

Menjalankan aplikasi.

7.4. Menjelaskan menu aplikasi
7.5. Menyiapkan sistem komputer
7.6. Mendemonstrasikan aplikasi paket
installer
7.7. Menyimpan installer aplikasi
7.8. Menghubungkan aplikasi dengan basis
data.

8. Mengoperasikan sistem
operasi jaringan komputer

8.1 Menjelaskan fungsi periferal jaringan
komputer
8.2 Mengidentifikasikan ketersambungan
jaringan
8.3 Mengoperasikan aplikasi jaringan
komputer
8.4 Melakukan pemutusan jaringan.

9. Menerapkan bahasa
pemrograman SQL tingkat
dasar

324

9.1

Menjelaskan konsep pengoperasian
bahasa pemrograman (SQL)

9.2

Mempersiapkan perangkat lunak SQL

9.3

Mendeskripsikan menu aplikasi SQL

9.4

Membuat tabel

9.5

Mengoperasikan tabel dan table view.

STANDAR KOMPETENSI
10. Menerapkan bahasa
pemrograman SQL
tingkat lanjut

KOMPETENSI DASAR
10.1 Menentukan formula pembentukan
data dengan batasan waktu
10.2 Membuat prosedur dan fungsi
10.3 Menulis kode program pembangkitan
data dengan batasan waktu
10.4 Mengoperasikan trigger.

11. Menerapkan dasar-dasar
pembuatan web statis
tingkat dasar

11.1 Menjelaskan konsep dasar dan
teknologi Webpage
11.2 Menjelaskan struktur dokumen HTML
11.3 Menambahkan objek pada web
11.4 Membuat tabel pada web
11.5 Membuat Link pada web
11.6 Menyimpan dokumen
11.7 Menguji dokumen.

12. Membuat halaman web
dinamis tingkat dasar

12.1 Menjelaskan konsep pembuatan
halaman web dinamis
12.2 Mempersiapkan lingkungan teknis
12.3 Membuat halaman web dinamis
sederhana
12.4 Menambahkan fungsi-fungsi pada
halaman web dinamis
12.5 Menguji halaman web dinamis.

13. Membuat halaman web
dinamis tingkat lanjut

13.1 Menjelaskan konsep pemrograman
web dinamis
13.2 Mempersiapkan pembuatan aplikasi
13.3 Membuat web menggunakan bahasa
script.

14. Merancang aplikasi teks
dan desktop berbasis
objek

14.1 Menjelaskan dasar-dasar
pemrograman
14.2 Menerapkan fungsi
14.3 Menerapkan pointer
14.4 Menjelaskan class
14.5 Merancang aplikasi berorientasi
325

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR
objek.

15. Menggunakan bahasa
pemrograman
berorientasi objek

15.1 Menggunakan tipe data control
program
15.2 Membuat class
15.3 Membuat inheritance, polimorphy,
overloading, dan friends
15.4 Membuat interface dan paket
15.5 Mengkompilasi program berorientasi
objek.

16. Merancang program
aplikasi web berbasis
objek

16.1 Menjelaskan file I/O (Input/Output),
tipe data dan variable pada java
programming
16.2 Menjelaskan exception handling
16.3 Menjelaskan applet
16.4 Menerapkan konektivitas basis data.

17. Membuat aplikasi basis
data menggunakan SQL

17.1 Menjelaskan kebutuhan software
17.2 Membuat Entity Relationship Diagram
(ERD)
17.3 Membuat Data Flow Diagram (DFD)
17.4 Mempersiapkan lembar kerja Basis
Data
17.5 Menggunakan sintaks-sintaks khusus
SQL
17.6 Membuat Query Basis Data.

18. Mengintegrasikan basis
data dengan sebuah web

18.1 Menjelaskan prosedur
pengintegrasian sebuah basis data
dengan sebuah situs web
18.2 Mempersiapkan basis data
18.3 Membuat login pada basis data
18.4 Membuat koneksi basis data pada
web
18.5 Menguji konektivitas basis data pada
web.

326

STANDAR KOMPETENSI
19. Membuat program basis
data

KOMPETENSI DASAR
19.1 Menjelaskan konsep pembuatan
DBMS berbasis Client-Server
19.2 Menggunakan SQL
19.3 Menggunakan stored procedures
19.4 Menggunakan triggers
19.5 Menggunakan administrasi SQL
19.6 Menjelaskan struktur program aplikasi
19.7 Menerapkan SQL.

20. Membuat aplikasi web
berbasis JSP

20.1 Menjelaskan kebutuhan software
20.2 Menjelaskan dasar-dasar JSP
20.3 Membuat aplikasi web berbasis JSP
20.4 Menyiapkan server untuk aplikasi web
berbasis JSP
20.5 Menyimpan state (kondisi) ke dalam
server dan client.

2. Teknik Komputer dan Jaringan (071)
STANDAR KOMPETENSI
1. Menerapkan teknik
elektronika analog dan
digital dasar

KOMPETENSI DASAR
1.2

Menerapkan teori kelistrikan

1.3

Mengenal komponen elektronika

1.4

Menggunakan komponen elektronika

1.5

Menerapkan konsep elektronika
digital
327

STANDAR KOMPETENSI

2.

Menerapkan fungsi
peripheral dan instalasi PC

KOMPETENSI DASAR
1.6

Menerapkan sistem bilangan digital

1.7

Menerapkan elektronika digital untuk
komputer.

2.1

Mengidentifikasi macam-macam
periferal dan fungsinya

2.2

Menyambung/memasang periferal
(secara fisik) dan periferal setup
menggunakan software

2.3
3.

Mendiagnosis
permasalahan
pengoperasian PC dan
periferal

Melakukan tindakan korektif.

3.1 Mengidentifikasi masalah melalui
gejala yang muncul
3.2 Mengklasifikasikan masalah
berdasarkan kelompoknya
3.3 Mengisolasi permasalahan.

4.

Melakukan perbaikan dan/
atau setting ulang sistem PC

4.1 Menjelaskan langkah perbaikan PC
4.2 Memperbaiki PC
4.3 Memeriksa hasil perbaikan sistem PC.

5.

Melakukan perbaikan
periferal

5.1 Menjelaskan langkah perbaikan
periferal yang bermasalah
5.2 Memperbaiki periferal
5.3 Memeriksa hasil perbaikan periferal.

6.

Melakukan perawatan PC

6.1 Menjelaskan langkah perawatan PC
6.2 Melakukan perawatan PC
6.3 Memeriksa hasil perawatan PC
6.4 Melakukan tindakan korektif.

7. Melakukan instalasi sistem
operasi berbasis graphical
user interface (GUI) dan
command line interface (CLI)

7.1 Menjelaskan langkah instalasi sistem
operasi berbasis GUI (Graphical User
Interface)
7.2 Melaksanakan instalasi sistem operasi
berbasis GUI sesuai Installation
Manual
7.3 Menjelaskan langkah instalasi sistem
operasi berbasis command line
interface (CLI)
7.4 Melaksanakan instalasi sistem operasi

328

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR
berbasis text sesuai Installation
Manual.

8. Melakukan instalasi software

8.1 Menjelaskan langkah instalasi software
8.2 Melaksanakan instalasi software
sesuai Installation Manual
8.3 Mengecek hasil instalasi
menggunakan software (sampling)
8.4 Melakukan troubleshooting.

9. Melakukan instalasi
perangkat jaringan lokal
(Local Area Network)

9.1 Menentukan persyaratan pengguna
9.2 Membuat desain awal jaringan
9.3 Mengevaluasi lalu lintas jaringan
9.4 Menyelesaikan disain jaringan.

10. Mendiagnosis
permasalahan
pengoperasian PC yang
tersambung jaringan

10.1 Mengidentifikasi masalah melalui
gejala yang muncul
10.2 Menganalisa gejala kerusakan
10.3 Melokalisasi daerah kerusakan
10.4 Mengisolasi permasalahan.

11. Melakukan perbaikan dan/
atau setting ulang koneksi
jaringan

11.1 Menjelaskan langkah persiapan untuk
setting ulang koneksi jaringan
11.2 Melakukan perbaikan koneksi
jaringan
11.3 Melakukan setting ulang koneksi
jaringan
11.4 Memeriksa hasil perbaikan koneksi
jaringan.

12. Melakukan instalasi sistem
operasi jaringan berbasis
GUI (Graphical User
Interface) dan Text

12.1 Menjelaskan langkah instalasi
software
12.2 Melaksanakan instalasi software
sesuai Installation Manual
12.3 Mengkonfigurasi jaringan pada sistem
operasi
12.4 Mengecek hasil instalasi
menggunakan software (sampling)
12.5 Melakukan troubleshooting.
329

STANDAR KOMPETENSI
13. Melakukan instalasi
perangkat jaringan berbasis
luas (Wide Area Network)

KOMPETENSI DASAR
13.1 Menjelaskan persyaratan WAN
13.2 Mengidentifikasi spesifikasi WAN
13.3 Membuat disain awal jaringan WAN
13.4 Mengevaluasi lalu lintas jaringan
13.5 Menyelesaikan disain jaringan.

14. Mendiagnosis
permasalahan perangkat
yang tersambung jaringan
berbasis luas (Wide Area
Network)

14.1 Mengidentifikasi masalah melalui
gejala yang muncul
14.2 Memilah masalah berdasarkan
kelompoknya
14.3 Melokalisasi daerah kerusakan
14.4 Mengisolasi masalah
14.5 Menyelesaikan masalah yang timbul.

15. Membuat desain sistem
keamanan jaringan

15.1 Menentukan jenis jenis keamanan
jaringan
15.2 Memasang firewall
15.3 Mengidentifikasi pengendalian
jaringan yang diperlukan
15.4 Mendesain sistem keamanan
jaringan.

16. Melakukan perbaikan dan/
atau setting ulang koneksi
jaringan berbasis luas
(Wide Area Network)

16.1 Menjelaskan langkah persiapan untuk
setting ulang koneksi jaringan
16.2 Melakukan perbaikan koneksi
jaringan
16.3 Melakukan setting ulang koneksi
jaringan
16.4 Memeriksa hasil perbaikan koneksi
jaringan.

330

STANDAR KOMPETENSI
17. Mengadministrasi server
dalam jaringan

KOMPETENSI DASAR
17.1 Memilih aplikasi untuk server
17.2 Memilih sistem operasi untuk jaringan
17.3 Memilih komponen server
17.4 Menetapkan spesifikasi server
17.5 Membangun dan mengkonfigurasi
server
17.6 Menguji server
17.7 Memonitor kinerja jaringan.

18. Merancang bangun dan
menganalisa Wide Area
Network

18.1 Mengkonfirmasi kebutuhan klien dan
perangkat jaringan
18.2 Meninjau masalah keamanan
18.3 Memasang dan mengkonfigurasi
produk dan perangkat gateway
18.4 Mengkonfigurasi dan menguji titik
jaringan
18.5 Mengimplementasi perubahan.

19. Merancang web data base
untuk content server

19.1 Menentukan kebutuhan sistem
19.2 Menentukan prosedur recovery
19.3 Merancang arsitektur basis data
19.4 Mengklasifikasikan penggunaan basis
data.

331

3. Multi Media (072)
STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami etimologi
multimedia

2. Memahami alir proses
produksi produk multimedia

KOMPETENSI DASAR
1.1

Mendeskripsikan tentang
multimedia

1.2

Menjelaskan multimedia content
production

1.3

Menjelaskan multimedia
communication.

2.1 Menjelaskan proses pre production

multimedia
2.2 Menjelaskan proses production

multimedia
2.3 Menjelaskan proses post production

multimedia.
3. Merawat peralatan
multimedia

4. Mengelola isi halaman web

3.1

Menjelaskan langkahlangkah perawatan peralatan
multimedia

3.2

Melakukan perawatan
peralatan multimedia

3.3

Membuat kartu perawatan
peralatan multimedia.

4.1

Memeriksa informasi untuk
relevansi dan currency

4.2

Memeriksa links dan
navigasi

5. Menerapkan teknik
pengambilan gambar
produksi

4.3

Mengedit informasi sesuai
kebutuhan

4.4

Menguji dan memastikan
perubahan perubahan.

5.1

Menjelaskan
prosedur pengoperasian kamera
video

5.2

Mengoperasikan
kamera video

5.3

332

Mengisi dan
merawat battery selama pengambilan
gambar

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR
5.4

Mengoperasikan
kamera

5.5

Menata kabel-kabel
kamera

5.6

Mengoperasikan
clapper board.

6. Menerapkan prinsip-prinsip
seni grafis dalam desain
komunikasi visual untuk
multimedia

7. Menguasai cara
menggambar kunci untuk
animasi

6.1

Menjelaskan kaidah estetika
dan etika seni grafis (nirmana)

6.2

Membuat sketsa

6.3

Menggambar perspektif

6.4

Menggambar objek

6.5

Menggambar ilustrasi.

7.1

Menjelaskan
syarat animasi

7.2

Membuat gambar
kunci

7.3
8. Menguasai cara
menggambar clean-up dan
sisip

Mengatur dan
melengkapi gambar kunci.

8.1

Mendeskripsik
an gambar yang asli

8.2

Membuat
gambar-gambar asli

8.3

Mendeskripsik
an gambar tiga dimensi

8.4

Membuat
gambar tiga dimensi.

9. Menguasai dasar animasi
stop-motion (bidang datar)

9.1 Mendeskripsikan syarat-syarat animasi

10.Menggabungkan teks
kedalam sajian multimedia

10.1

9.2 Membuat model warna dan tempat
warna.
Me
nggunakan software teks multimedia

10.2

Me
ndesain teks multimedia.

11.Menggabungkan gambar
2D kedalam sajian

11.1 Mengedit gambar digital
11.2 Menggunakan software grafik
333

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

multimedia

multimedia 2D
11.3 Menciptakan design grafik
Multimedia 2D
11.4 Menampilkan karya seni digital 2D.

12.Menggabungkan fotografi
digital kedalam sajian
multimedia

13.Menggabungkan audio ke
dalam sajian multimedia

12.1

Menggunakan kamera digital

12.2

Menggabungkan foto digital
kedalam rangkaian Multimedia

12.3

Menciptakan susunan karya
seni foto digital dan grafik 2D.

13.1
digital

Menjabarkan format audio

13.2
digital

Menggunakan software audio

13.3

Merancang audio digital

13.4
Membangun track audio
digital.
14.Membuat story board
aplikasi multimedia

14.1 Mengidentifikasi kebutuhan
14.2 Merencanakan alur isi story board
14.3 Medeskripsikan proses pelaksanaan
dalam story board.

15.Memahami cara
penggunaan peralatan tata
cahaya.

15.1

Menjela
skan dasar tata cahaya

15.2

Menjela
skan efek cahaya

15.3

Menyiap
kan operasi lighting

16.Menerapkan efek khusus
pada objek produksi

16.1

Mengidentifikasikan materi
penunjang efek khusus

16.2

Menginstallasi software efek
khusus

16.3

Membuat efek khusus pada
obyek.

17.Menyusun proposal
penawaran

17.1
17.2

334

Menganalisa
syarat-syarat proyek
Mengidentifikasi

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR
keterampilan yang sesuai dengan
persyaratan laporan
17.3

17.4
17.5

Membuat
rancangan biaya biaya dan sumber
sumber yang ada
Membuat proposal
Membuat
pengajuan permohonan tender.

335

Judul: Skkd Teknik Komputer Dan Informatika

Oleh: Siti Rahmah


Ikuti kami