Karakteristik Ekonomi Digital

Oleh Richardus Eko Indrajit

2,1 MB 7 tayangan 1 unduhan
 


Bagikan artikel

Transkrip Karakteristik Ekonomi Digital

PROF. RICHARDUS EKO INDRAJIT EKOJI999 Nomor 148, 3 Februari 2013 SERI 999 E-ARTIKEL SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI Karakteristik Ekonomi Digital oleh Prof. Richardus Eko Indrajit - indrajit@post.harvard.edu Artikel ini merupakan satu dari 999 bunga rampai pemikiran Prof. Richardus Eko Indrajit di bidang sistem dan teknologi informasi. Untuk berlangganan, silahkan kirimkan permohonan anda melalui alamat email indrajit@rad.net.id. HALAMAN 1 DARI 5 (C) COPYRIGHT BY RICHARDUS EKO INDRAJIT, 2013 SERI 999 E-ARTIKEL SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI PROF. RICHARDUS EKO INDRAJIT Ekonomi  digital   dide�inisikan  oleh  Amir  Hartman  sebagai  “the  virtual  arena  in  which  business   actually   is   conducted,   value   is   created   and   exchanged,   transactions   occur,   and   one-­‐to-­‐one   relationship  mature   by  using   any  internet  initiative  as  medium  of  exchange”  (Hartman,  2000).   Keberadaannya   ditandai   dengan   semakin   maraknya   berkembang   bisnis   atau   transaksi   perdagangan   yang   memanfaatkan   internet   sebagai   medium   komunikasi,   kolaborasi,   dan   kooperasi   antar   perusahaan   atau   pun   antar   individu.   Tengoklah   bagaimana   maraknya   perusahaan-­‐perusahaan  baru  maupun  lama  yang  terjun  ke  dalam  format  bisnis  elektronik   e-­‐ business  dan  e-­‐commerce.     Untuk   dapat   bertahan   dan   memenangkan   persaingan   dalam   ekonomi   digital,   para   pemain   perlu   memahami   karakteristik   dari   konsep   yang   menjadi   landasan   karena   sangat   berbeda   dengan   ekonomi   klasik   yang   selama   ini   dikenal.   Tidak   jarang   bahwa   perusahaan   harus   melakukan   transformasi   bisnis   agar   dapat   secara  optimal   bermain  di   dalam   arena   ekonomi   digital.   Hal   ini   disebabkan  karena   untuk   mengimplementasikannya,   diperlukan  model   bisnis   yang  sama   sekali  baru.   Bagi   perusahaan  baru  (start-­‐up   company),   untuk   terjun  ke  bisnis   ini   biasanya   lebih   mudah   dibandingkan   dengan   perusahaan   yang   telah   lama   berdiri.   Statistik   menunjukkan  bahwa  sebagian  besar   perusahaan  lama   yang  ingin  memanfaatkan  keberadaan   ekonomi   digital   harus   mengadakan   perubahan   mendasar   pada   proses   bisnisnya   secara   radikal  (business  process  reengineering). Don   Tapscott   menemukan  dua   belas   karakteristik   penting   dari   ekonomi   digital   yang   harus   diketahui   dan   dipahami   oleh   para   praktisi   manajamen,   yaitu:   Knowledge,   Digitazion,   Virtualization,   Molecularization,   Internetworking,   Disintermediation,   Convergence,   Innoavation,   Prosumption,   Immediacy,   Globlization,   dan   Discordance.   Berikut   adalah   penjelasan  singkat  dari  masing-­‐masing  aspek  terkait  (Tapscott,  1996). 1.  Knowledge Jika   di   dalam   ekonomi   klasik   tanah,   gedung,   buruh,   dan   uang   merupakan   faktor-­‐faktor   produksi   penting,   maka   di   dalam  ekonomi   digital,   knowledge  atau  pengetahuan   merupakan   jenis   sumber  daya  terpenting  yang  harus  dimiliki  organisasi.   Mengingat  bahwa   pengetahuan   melekat  pada  otak  manusia,   maka  faktor  intelegensia  dari  sumber  daya  manusia  yang  dimiliki   perusahaan   merupakan   penentu   sukses   tidaknya   organisasi   tersebut   dalam   mencapai   obyektifnya.   Pengetahuan   kolektif   inilah   yang   merupakan   value   dari   perusahaan   dalam   proses   penciptaan   produk   dan   jasa.   Di   samping   itu,   kemjuan   teknologi   telah   mampu   menciptakan  berbagai   produk   kecerdasan  buatan  (arti�icial   intelligence)   yang  pada  dasrnya   mampu   membantu   manajemen   dan   staf   perusahaan   untuk   meningkatkan   kemampuan   intelegensianya  (knowledge  leveraging).  Contoh  produk  perangkat  lunak  dan  perangkat  keras   yang   dapat   menjadi   sistem   penunjang   pengambilan   keputusan   adalah   decision   support   system  dan  expert  system.  Konsep  knowledge  management  akan  menjadi   kunci  keberhasilan   sebuah  perusahaan  di  era  ini. 2.  Digi�za�on Digitazion   merupakan   suatu   proses   transformasi   informasi   dari   berbagai   bentuk   menjadi   format  digit  “0”  dan  “1”  (bilangan  berbasis  dua).   Walaupun   konsep  tersebut  sekilas   nampak   sederhana,  namun  keberadaannya  telah  menghasilkan  suatu  terobosan  dan  perubahan  besar   di   dalam   dunia   transaksi   bisnis.   Lihatlah   bagaimana   bentuk   gambar   dua   dimensi   seperti   lukisan  dan  foto  telah   dapat  direpresentasikan  ke   dalam  format  kumpulan   bit   sehingga  dapat   dengan  mudah  disimpan  dan   dipertukarkan  melalui  media  elektronik.  Hal   ini  tentu  saja   telah   dapat   meningkatkan   e�isiensi   perusahaan   karena   mengurangi   biaya-­‐biaya   terkait   dengan   proses  pembuatan,  penyimpanan,   dan  pertukaran  media   tersebut.   Bahkan  teknologi   terakhir   HALAMAN 2 DARI 5 (C) COPYRIGHT BY RICHARDUS EKO INDRAJIT, 2013 SERI 999 E-ARTIKEL SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI PROF. RICHARDUS EKO INDRAJIT telah   dapat   melakukan   konversi   format   analog   video   dan   audio   ke   dalam   format   digital.   Kemajuan   teknologi   telekomunikasi   yang   memungkinkan   manusia   untuk   saling   bertukar   informasi  secara  cepat  melalui  email   ke  seluruh  penjuru  dunia  semakin  memudahkan  proses   pengiriman  dan  pertukaran   seluruh   jenis   informasi   yang  dapat  di-­‐digitasi.   Dengan  kata   lain,   jika   produk   dan   jasa   yang   ditawarkan   dapat   direpresentasikan   dalam   bentuk   digital,   maka   perusahaan   dapat   dengan   mudah   dan   murah   menawarkan   produk   dan   jasanya   ke   seluruh   dunia.   Electronic   publishing,   virtual   book   store,   internet   banking,   dan   telemedicine   merupakan  contoh  berbagai  produk  dan  jasa  yang  dapat  ditawarkan  di  internet. Sumber:  Don  Tapscott  et  al,  1996 3.  Virtualiza�on Berbeda   dengan   menjalankan   bisnis   di   dunia   nyata   dimana   membutuhkan   aset-­‐aset   �isik   semacam   gedung   dan   alat-­‐alat   produksi,   di   dunia   maya   dikenal   istilah   virtualiasasi   yang   memungkinkan   seseorang  untuk  memulai   bisnisnya   dengan  perangkat  sederhana  dan  dapat   menjangkau   seluruh   calon   pelanggan   di   dunia.   Di   dalam   dunia   maya,   seorang   pelanggan   hanya   berhadapan   dengan   sebuah   situs   internet   sebagai   sebuah   perusahaan   (business   to   consumer),  demikian  pula  relasi  antara  berbagai   perusahaan  yang   ingin  saling  bekerja   sama   (business   to  business).  Dalam  menjalin  hubungan  ini,  proses  yang   terjadi  lebih  pada  transaksi   adalah  pertukaran  data  dan   informasi  secara   virtual,  tanpa  kehadiran  �isik   antara  pihak-­‐pihak   atau  individu  yang  melakukan   transaksi.   Dengan  kata  lain,   bisnis   dapat  dilakukan  kapan  saja   dan  dimana  saja  selama  24    jam  per-­‐hari  dan  7  hari  seminggu  secara  on-­‐line  dan  real  time. 4.  Moleculariza�on Organisasi   yang   akan  bertahan   dalam  era  ekonomi   digital  adalah  yang  berhasil   menerapkan   bentuk   molekul.   Bentuk   molekul   merupakan  suatu  sistem   dimana   organisasi   dapat   dengan   mudah   beradaptasi   dengan   setiap   perubahan   dinamis   yang   terjadi   di   lingkungan   sekitar   perusahaan.   Seperti   diketahui,   pada   masa   ini   mayoritas   organisasi   dikelola   dengan   menggunakan   konsep   struktur   hirarkis   atau   yang   lebih   maju   lagi   struktur   matriks.   Kedua   konsep   ini   sangat   rentan   terhadap   perubahan   sehingga   akan   memperlambat   gerak   perusahaan   dalam   menyesuaikan   diri   dengan   perkembangan   pasar.   Satu   hal   yang   harus   HALAMAN 3 DARI 5 (C) COPYRIGHT BY RICHARDUS EKO INDRAJIT, 2013 SERI 999 E-ARTIKEL SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI PROF. RICHARDUS EKO INDRAJIT diingat   adalah   bahwa   terjun   ke   dunia   maya   berarti   berhadapan   head-­‐to-­‐head   dengan   perusahaan-­‐perusahaan   di   seluruh   dunia.   Perilaku   mereka   setiap   hari   akan   sangat   mempengaruhi   struktur   pasar   dan   industri   terkait   yang   seringkali   akan   merubah   berbagai   kondisi.   Hal   ini   tentu   saja   merupakan   manifestasi   dari   persaingan   bebas   dan   ketat   yang   terjadi   disamping   merupakan   strategi   untuk   memenangkan   rivalitas.   Dengan   kata   lain,   perubahan  merupakan   proses   wajar   yang  harus   dilakukan   oleh   perusahaan.   Charles  Darwin   mengatakan  bahwa   bangsa  yang  akan  bertahan  bukanlah  yang  paling  besar  atau  paling  kuat,   melainkan  yang  paling  mampu  beradaptasi  dengan  perubahan. 5.  Internetworking Tidak   ada  perusahaan   yang   dapat   bekerja   sendiri   tanpa   menjalin  kerja  sama   dengan   pihak-­‐ pihak   lain,   demikian  salah  satu  prasyarat   untuk   dapat  berhasil   di   dunia   maya.   Berdasarkan   model   bisnis   yang   dipilih,   perusahaan   terkait   harus   menentukan   aktivitas   inti-­‐nya   (core   activity)   dan   menjalin   kerja   sama   dengan   institusi   lain   untuk   membantu   melaksanakan   proses-­‐proses   penunjang   (supporting   activities).   Contoh   dari   pihak-­‐pihak   yang   umum   dijadikan   sebagai   rekanan   adalah   vendor   teknologi,   content   partners,   merchants,   pemasok   (supplier),   dan  lain  sebagainya.  Konsep  bisnis   yang  ingin  menguasai  sumber  daya   sendiri   dari   hulu  ke  hilir  tidak  akan  bertahan  lama  di  dalam  ekonomi  digital. 6.  Disintermedia�on Ciri   khas   lain   dari   arena   ekonomi   digital   adalah   kecenderungan   berkurangnya   mediator   (broker)  sebagai   perantara   terjadinya   transaksi   antara  pemasok   dan  pelanggan.   Contohnya   mediator-­‐mediator   dalam   aktivitas   ekonomi   adalah   wholesalers,   retailers,   broadcasters,   record   companies,  dan  lain   sebagainya.  Perusahaan-­‐perusahaan   klasik  yang  menggantungkan   diri   sebagai   mediator  dengan  sendirinya  terpaksa  harus   gulung   tikar   dengan   adanya   bisnis   internet.   Pasar   bebas   memungkinkan   terjadinya   transaksi   antar   individu   tanpa   harus   melibatkan  pihak-­‐pihak  lain. 7.  Convergence Kunci  sukses   perusahaan  dalam  bisnis  internet  terletak  pada   tingkat  kemampuan  dan  kualitas   perusahaan   dalam   mengkonvergensikan   tiga   sektor   industri,   yaitu:   computing,   communications,   dan   content.   Komputer   yang   merupakan   inti   dari   industri   computing   merupakan  pusat   syaraf  pengolahan  data   dan  informasi   yang   dibutuhkan  dalam   melakukan   transaksi   usaha.   Adapun   produk   industri   communications   yang   paling   relevan   adalah   infrastruktur  teknologi  informasi  dan  komunikasi  sebagai  pipa  penyaluran  data  dan  informasi   dari   satu  tempat  ke   tempat   lainnya.   Persaingan  sesungguhnya  terletak   pada  industri  content   yang  merupakan  jenis  pelayanan  atau  jasa  yang  ditawarkan  sebuah  perusahaan   kepada  pasar   di  dunia  maya.   Ketiga  hal  di   atas   merupakan  syarat   mutlak  yang   harus  dimiliki   dan  dikuasai   pemakainnya  untuk  dapat  berhasil  menjalankan  bisnis  secara  sukses. 8.  Innova�on Aktivitas   di   internet   adalah   bisnis   24   jam,   bukan   8   jam   seperti   layaknya   perusahaan-­‐ perusahaan   di   dunia   nyata.   Keunggulan   kompetitif   (competitive   advantage)   sangat   sulit   dipertahankan  mengingat  apa   yang  dilakukan  seseorang   atau  perusahaan  internet   lain  sangat   mudah  untuk   ditiru.   Oleh   karena  itulah   inovasi   secara  cepat  dan  terus-­‐menerus   dibutuhkan   agar  sebuah  perusahaan   dapat   bertahan.   Manajemen  perusahaan  harus  mampu  menemukan   cara   agar   para   pemain   kunci   di   dalam   organisasi   (manajemen   dan   staf)   dapat   selalu   HALAMAN 4 DARI 5 (C) COPYRIGHT BY RICHARDUS EKO INDRAJIT, 2013 SERI 999 E-ARTIKEL SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI PROF. RICHARDUS EKO INDRAJIT berinovasi   seperti   layaknya   perusahaan-­‐perusahaan   di   Silicon   Valley.   Konsep   learning   organization  patut  untuk  dipertimbangkan  dan  diimplementasikan  di  dalam  perusahaan.   9.  Prosump�on Di   dalam   ekonomi   digital   batasan   antara   konsumen   dan  produsen   yang   selama   ini   terlihat   jelas   menjadi   kabur.   Hampir   semua   konsumen   teknologi   informasi   dapat   dengan   mudah   menjadi   produsen   yang   siap   menawarkan   produk   dan   jasanya   kepada   masyarakat   dan   komunitas   bisnis.   Contohnya   adalah   seseorang   yang   harus   membayar   5   dolar   US   untuk   mendapatkan   akses   ke   dalam   sebuah   sistem   mailing   list.   Kemudian   yang   bersangkutan   membuat  sebuah   komunitas   mailing  list  dimana   setiap  anggotanya  harus  membayar  1  dolar   US  kepadanya.  Dalam  waktu  singkat   yang  bersangkutan  telah  dapat  memperoleh  untung   dari   usaha   kecil   tersebut.   Dalam   konteks   ini,   individu   yang   bersangkutan   dikategorikan   sebagai   prosumer. 10.  Immediacy Di   dunia   maya,   pelanggan  dihadapkan   pada   beragam  perusahaan  yang   menawarkan  produk   atau  jasa   yang   sama.   Dalam   memilih  perusahaan,   mereka   hanya   menggunakan  tiga   kriteria   utama.   Secara   prinsip   mereka   akan   mengadakan   transaksi   dengan   perusahaan   yang   menawarkan   produk   atau   jasanya   secara   cheaper,   better,   dan   faster   dibandingkan   dengan   perusahaan   sejenis.   Mengingat   bahwa  switching   cost   di   internet   sangat   mudah  dan   murah,   maka   pelanggan  akan   terus   menerus   mencari   perusahaan  yang   paling   memberikan  bene�it   tertinggi   baginya.   Melihat   hal   inilah   maka   perusahaan   harus   selalu   peka   terhadap   berbagai   kebutuhan  pelanggan  yang  membutuhkan  kepuasan  pelayanan  tertentu.     11.  Globaliza�on Esensi   dari   globalisasi   adalah   runtuhnya   batas-­‐batas   ruang   dan   waktu   (time   and   space).   Pengetahuan  atau  knowledge  sebagai   sumber   daya   utama,  tidak  mengenal   batasan  geogra�is   sehingga  keberadaan   entitas   negara   menjadi   kurang   relevan   di   dalam  menjalankan   konteks   bisnis   di   dunia   maya.   Seorang   kapitalis   murni   akan   cenderung   untuk   melakukan   bisnisnya   dari  sebuah  tempat   yang  murah  dan  nyaman,  menjual  produk  dan  jasanya  kepada  masyarakat   yang  kaya,   dan  hasil   keuntungannya  akan  ditransfer  dan  disimpan   di  bank  yang  paling  aman   dan   memberikan   bunga   terbesar.   Segmentasi   market   yang   selama   ini   sering   dilakukan   berdasarkan   batas-­‐batas  waktu   dan  ruang  pun  harus  didefnisikan  kembali  mengingat  bahwa   seluruh   masyarakat   telah   menjadi   satu   di   dalam   dunia   maya,   baik   komunitas   produsen   maupun  konsumen. 12.  Discordance Ciri   khas   terakhir   dalam   ekonomi   digital   adalah   terjadinya   fenomena   perubahan   struktur   sosial   dan   budaya   sebagai   dampak   konsekuensi   logis   terjadinya   perubahan   sejumlah   paradigma   terkait   dengan   kehidupan   sehari-­‐hari.   Semakin   ringkasnya   organisasi   akan   menyebabkan   terjadinya   pengangguran   dimana-­‐mana,   mata   pencaharian   para   mediator   (brokers)  menjadi   hilang,   para   pekerja   menjadi   workoholic   karena  persaingan   yang   sangat   ketat,   pengaruh  budaya  barat  sulit  untuk   dicegah   karena   dapat  diakses  bebas   oleh  siapa  saja   melalui   internet,   dan   lain   sebagainya   merupakan   contoh   fenomena   yang   terjadi   di   era   ekonomi   digital.   Ketidaksiapan   sebuah   organisasi   dalam   menghadapi   segala   kemungkinan   dampak   negatif   yang   timbul   akan   berakibat   buruk   (bumerang)   bagi   kelangsungan   hidup     perusahaan. HALAMAN 5 DARI 5 (C) COPYRIGHT BY RICHARDUS EKO INDRAJIT, 2013

Judul: Karakteristik Ekonomi Digital

Oleh: Richardus Eko Indrajit


Ikuti kami