Ppt Studi Islam Ilmu Kalam

Oleh Annisa Febriana

1,1 MB 3 tayangan 0 unduhan
 
Bagikan artikel

Transkrip Ppt Studi Islam Ilmu Kalam

ILMU KALAM SEBAGAI ASPEK TEOLOGI ISLAM DISUSUN OLEH : 1. USWATUN AMALIAH (11150163000063) 2. DEWI ANGGRAENI (11150163000065) 3. DEWI SULISTIANA (11150163000067) ISLAM IHSAN ISLAM IMAN ILMU FIQH ILMU KALAM ILMU TASAWUF Pengertian ilmu kalam A B Latar belakang berkembangn ya ilmu kalam c Aliran ilmu kalam ILMU KALAM • Apa itu Ilmu Kalam ???? ???? Kalam itu hmmmm, Apaaa yaaaaaa??? PENGERTIAN Bahasa : Ilmu dan Kalam Ilmu Teori Yang Membahas Tentang Sesuatu Objek Kajian Kalam --> berarti firman Tuhan/Kalam Allah : perdebatan para ulama tentang Tuhan dan berbagai hal yang terkait denganNya seperti (Wujud Tuhan, Sifat Tuhan dll) PENGERTIAN MENURUT ISTILAH • Ilmu kalam : Ilmu yang membericarakan tentang wujudnya Tuhan(Allah), sifat-sifat yang mesti ada pada-Nya serta membicarakan tentang Rosul-rasul Tuhan , untuk menetapkan kerosulannya dan mengetahui sifat-sifat yang mungkin ada padaNya  Tidak ada suatu cabang ilmu yang di dalamnya paling banyak pertentangan dan paling banyak perbedaan pendapat selain Ilmu Kalam (Hassan Hanafi)  Ilmu Kalam tidak memuaskan orang pintar dan tidak memberikan manfaat kepada orang bodoh (Hassan Hanafi)  Setiap orang yang ingin menyelami seluk-beluk agamanya secara mendalam, perlu mempelajari teologi yang terdapat dalam agama yang dianutnya (Harun Nasution) Faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya Ilmu Kalam A.Faktor dari dalam 1. Sebagian orang musyrik ada yang mentuhankan bintang-bintang sebagai sekutu Allah. hal ini ditolak dengan firman Allah surat Al-An’am ayat 76-78. 2. Ada yang mentuhan kan Nabi Isa as. Hal ini ditolak dengan firman Allah surat AlMaidah ayat 116. 3. Orang-orang yang menyembah berhala. Hal ini ditolak dengan firman Allah surat al-an’am ayat 74. 4. Golongan yang tidak percaya akan kerasulan nabi(nabi Muhammad saw. ) dan tidak percaya akan kehidupan akhirat. hal ini ditolak dengan firman Allah surat al-Ambiya’ ayat 104 B. Faktor dari Luar a. Banyak diantara pemeluk-pemeluk Islam yang mula-mula beragam yahudi, masehi dan lain-lain, setelah fikiran mereka tenang dan sudah memegang teguh Islam , mereka mulai mengingat-ingat agama mereka yang dulu dan dimasukkannya dalam ajaran-ajaran Islam. b. Golongan Islam yang dulu, terutama golongan mu’tazilah memusatkan perhatiannya untuk penyiaran agama Islam dan membantah alasan-alasan mereka yang memusuhi Islam. mereka tidak akan bisa menghadapi lawanlawanya kalau mereka sendiri tidak mengetahui pendapat-pendapat lawanlawannya beserta dalil-dalilnya. sehingga kaum muslimin memakai filsafat untuk menghadapi musuh-musuhnya Ilmu Kalam lahir dalam tradisi intelektual. Tradisi intelektual adalah upaya yang dilakukan oleh masyarakat beragama untuk menemukan permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan akal dalam masyarakat tertentu dan mencoba menyelaraskan hubungan antara akal dengan apa yang disebut wahyu (Muhsin Mahdi) Aliran khawarij Aliran ahl sunnah waljamaah Aliran murjiah Aliran mu”tazilah Aliran murjiah 1) Pengakuan Iman Islam cukup di dalam hatinya saja dan tidak dituntut membuktikan keimanan dengan perbuatan. 2) Selama seorang muslim meyakini dua kalimat syahadat apabila ia berbuat dosa besar maka tidak tergolong kafir dan hukuman mereka ditangguhkan di akhirat dan hanya Allah yang berhak menghukum Aliran muktazilah Doktrin aliran Muktazillah. a. At-Taauhid (Tauhid) Ajaran pertama aliran ini berarti meyakini sepenuhnya bahwa hanya Allah SWT. Konsep tauhid menurut mereka adalah paling murni sehingga mereka senang disebut pembela tauhid (ahl alTauhid). b. Ad-Adl Menurut aliaran Muktazillah pemahaman keadilan Tuhan mempunyai pengertian bahwa Tuhan wajib berlaku adil dan mustahil Dia berbuat zalim kepada hamba-Nya. Mereka berpendapat bahwa tuhan wajib berbuat yang terbaik bagi manusia. Misalnya, tidak memberi beban terlalu berat, mengirimkan nabi dan rasul, serta memberi daya manusia agar dapat mewujudkan keinginannya. c. Al-Wa’d wa al-Wa’id (Janji dan Ancaman). Menurut Muktazillah, Tuhan wajib menepati janji-Nya memasukkan orang mukmin ke dalam sorga. Begitu juga menempati ancaman-Nya mencampakkan orang kafir serta orang yang berdosa besar ke dalam neraka. d. Al-Manzilah bain al-Manzilatain (posisi di Antara Dua Posisi). Pemahaman ini merupakan ajaran dasar pertama yang lahir di kalangan Muktazillah. Pemahaman ini yang menyatakan posisi orang Islam yang berbuat dosa besar. Orang jika melakukan dosa besar, ia tidak lagi sebagai orang mukmin, tetapi ia juga tidak kafir. Kedudukannya sebagai orang fasik. Jika meninggal sebelum bertobat, ia dimasukkan ke neraka selama-lamanya. Akan tetapi, sikasanya lebih ringan daripada orang kafir. e. Amar Ma’ruf Nahi Munkar (Perintah Mengerjakan Kebajikan dan Melarang Kemungkaran). Aliran Khawarij 1) Orang Islam yang melakukan dosa besar adalah termasuk Kafir; 2) Orang yang terlibat perang Jamal yakni perang antara Ali dan Aisyah dan pelaku arbitrase antara Ali dan Mua’awiyah dihukum Kafir 3) Kholifah menurut mereka tidak harus keturunan Nabi atau suku quraisy. 1.Aliran Asy’ariyah a.Tentang Sifat Allah Menurutnya, Allah mempunyai sifat, seperti al-Ilm (mengetahui), al-Qudrah (kuasa), al-Hayah (hidup), as-Sama’ (mendengar), dan al-Basar (melihat). b. Tentang Kedudukan Al-Qur’an Al-Qur’an adalah firman Allah dan bukan makhluk dalam arti baru dan diciptakan. Dengan demikian, Al-Qur’an bersifat qadim (tidak baru). c. Tentang melihat Allah Di Akhirat Allah dapat dilihat di akhirat dengan mata kepala karena Allah mempunyai wujud. d. Tentang Perbuatan Manusia Perbuatan-perbuatan manusia itu ciptaan Allah. e. Tentang Antropomorfisme Menurut alAsy’ari, Allah mempunyai mata, muka, dan tangan, sebagaimana disebutkan dalam surah al-Qamar ayat 14 dan arRahman ayat 27. akan tetapi bagaimana bentuk Allah tidak dapat diketahui. 2.Aliran Maturidiyah Paham teologi aliran maturidiyah : a)Baginya Tuhan memiliki sifat-sifat b)Manusialah yang sebenarnya mewujudkan perbuatannya c)Sab’da Tuhan tidak diciptakan namun bersifat qodim d)Tuhan memiliki kewajiban tertentu e)Tangan ,wajah dari bentuk Tuhan memberi arti kiasan TERIMA KASIH

Judul: Ppt Studi Islam Ilmu Kalam

Oleh: Annisa Febriana

Ikuti kami