Makalah Tik

Oleh Novita Rakhmawati

213,5 KB 8 tayangan 0 unduhan
 
Bagikan artikel

Transkrip Makalah Tik

MAKALAH PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI INPUT DEVICE, KEYBOARD, POS, ATM Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi Dosen Pembimbing: Disusun Oleh: Kelompok I Aji Windanu Novita Rakhmawati Aisah Hidayanti FAKULTAS EKONOMI PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI ( UNSWAGATI) 2016/2017 Kata Pengantar Assalamualaikum wr.wb Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah swt atas rahmat dan karunianya sehingga makalah dengan judul “Peranti masukan(input)” dapat diselesaikan dengan baik tanpa suatu halangan apapun. Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas Pengenalan Teknologi Informasi. Selain itu makalah ini juga dibuat untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang peralatan peranti input yang merupakan bagian dari sistem computer. Semoga dengan dibuatnya makalah ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan baru kepada mahasiswa tentang peranti input. Dan semoga bermanfaat bagi semua pihak. Wassalamualaikum wr.wb DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL............................................................................................................................... i KATA PENGANTAR ..................................................................................................... ii DAFTAR ISI.................................................................................................................... iii BAB I : PENDAHULUAN............................................................................................... 1 A. Latar belakang masalah........................................................................................................ 1 B. Rumusan masalah.................................................................................................................. 1 C. Tujuan.................................................................................................................................... 1 D. Manfaat.................................................................................................................................. 1 BAB II : PEMBAHASAN................................................................................................ 2 1. Peranti pengetikan............................................................................................................... 2 1.1 Keyboard............................................................................................................................. 2 1.2 ATM (Automatic teller machine) ...................................................................................... 3 1.3 POS ( Point Of Sale ) .......................................................................................................... 3 2. Peranti penunjuk (pointing device) .................................................................................... 3 2.1 Mouse ................................................................................................................................. 3 2.2 Trackball ............................................................................................................................. 4 2.3 Pointing Stick ...................................................................................................................... 4 2.4 Touch Pad ........................................................................................................................... 4 2.5 Touch Screen ...................................................................................................................... 4 2.6 Joy Stick .............................................................................................................................. 5 2.7 Piranti petunjuk berbentuk pena ......................................................................................... 5 2.8 Linghpen ............................................................................................................................. 5 2.9 Digitizer tablet .................................................................................................................... 5 BAB III : PENUTUP ....................................................................................................... 6 1. Kesimpulan ....................................................................................................................... 6 2. Daftar pustaka ................................................................................................................... 6 BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Secarafisik, komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen - komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinysuatu computer dengan baik. Komputer terdiri dari 4 komponen penunjang utama, yaitu : 1. inputdivice (unit masukan) 2. Process device (unit Pemrosesan) 3. Output device (unit keluaran) 4. Backing Storage ( unit penyimpanan) Namun dalam makalah ini kami tidak membahas secara rinci. Yang kami bahas hanya perangkat masukan saja. B. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang di atas yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan makalah ini yaitu : 1. Apa yang dimaksud dengan perangkat masukan? 2. Apa saja yang termasuk perangkat masukan? C. Tujuan Ingin menjelaskan atau mendeskripsikan tentang materi yang akan kita buat ke pada para pembaca atau pendengar. D. Manfaat Agar pembaca dapat memahami dan mengerti materi yang telah kita buat dan dapat memberi wawasan ke pada para pembacanya, menambah ilmu dan sebagainya. BAB II PEMBAHASAN INPUT DEVICE Input device adalah unit yang berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar kedalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. 1.Peranti Pengetikan Peranti pengeti kan dapat dipergunakan untuk memasukan data ataupun perintah. Peranti yang paling umum dipergunakan dalam system computer adalah Keyboard. Peranti pengetikan yang lain yaitu ATM (Automated Teller Machine) yang dipakai sebagai mesin pengambil uang dan POS (Point-of-sale) yang digunakan pada took dan swalayan. 1.1Keyboard Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, ataupun kode lain menjadi isyarat listrik yang dapat diproses komputer. Keyboard paling umum digunakan sebagai peranti masukan dan merupakan peranti yang paling lama di manfaatkan setelah perkembangan komputer dengan masukan kartu plong (punch card). Keyboard merupakan peranti masukan yang tidak terlalu banyak mengalami perunahan sejak diperkenalkan pertama kali. Jenis – jenis Keyboard ( Papan Ketik ) : a. Keyboard QWERTY Sesuai dengan namanya QWERTY yang merupakan deretan huruf pada barisan paling atas pada keyboard. Keyboard QWERTY merupakan pengembangan dari mesin ketik. Susunan tombol dipilih untuk mengurangi loncatan penekanan tombol yang tidak sengaja pada mesin ketik manual. Misal huruf ‘s’, ‘t’, dan ‘h’ diletakkan berjauhan meskipun sering digunakan bersama dalam kalimat bahasa Inggris. Sampai saat ini, keyboard jenis Qwerty tetap digunakan. b. Keyboard DVORAK Keyboard Dvorak diciptakan berdasarkan prinsip kerjabio mekanis dan efisiensi. Susunan letak tombol huruf dengan jenis QWERTY dibuat sedemikian rupa sehingga 56 % ketukan ada pada tangan kanan dan jari - jari yang lebih banyak bekerja adalah jari telunjuk, jaritengah, dan jarimanis. Susunan tombol huruf berdasarkan frekuensi penggunaannya. Huruf - huruf yang ada pada baris tengah lebih sering diketuk kira - kira sampai 70 % dan perpindahan antar baris hanya sekitar 10 %, huruf - huruf yang umum, biasanya berada dibawah jari-jari yang dominan dan mampu meningkatkan kecepatan pengetikan 10 – 15 % serta mengurangi kelelahan tangan. c. Keyboard Wireless. Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubungan antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU. 1.2 ATM (Automatic teller machine) ATM dalam bahasa inggris dikenal dengan Automatic teller machine, atau dalam bahasa Indonsia dikenal dengan Anjungan Tunai Mandiri. ATM merpakan alat elektronik yang diberikan oleh bank yang kepada pemilik rekening yang dapat digunakan untuk bertransaksi secara elektronis seperti mengecek saldo, mentransfer uang dan juga mengambil uang dari mesin ATM tanpa perlu dilakukan seorang teller. Setiap pemegang kartu diberikan PIN (personal identification number), atau nomor pribadi yang bersifat rahasia untuk keamanan dalam penggunaan ATM Lalu apa bedanya kartu ATM dengan kartu Debit. KegunaanKartu ATM Kartu Debit dan Kartu ATM berguna sebagai alat bantu untuk melakukan transaksi dan memperoleh informasi perbankan secara elektronik Jenis transaksi yang tersedia antara lain: 1. Penarikan tunai 2. Setoran tunai 3. Transfer dan 4. Pembayaran 5.Pembelanjaan Jenis informasi yang tersedia antara lain: 1. Informasi saldo 2. Informasi krus ATM bekerja sebagai peranti input - output sekaligus. Sebagai peranti masukan ATM memungkinkan pemakaian memasukan nomor PIN, angka uang, dan hal - hal lain yang tersedia dalam menu. Adapun sebagai peranti keluaran ATM memungkinkan pemakai (petugas bank) melihat perintah maupun kode dan angka yang diketikan pada peranti masukan. 1.3 POS (Point of sale) Pos merupakan peranti yang digunakan pada toko - toko untuk memasukan data pembelian. biasannya peranti ini selain berisi tombol seperti keyboard lengkap dengan angka - angka, juga masih ditambah fasilitas yang memungkinkan untuk memproses kartu kredit. 2. Peranti Penunjuk (Pointing Device ) 2.1 Mouse Mouse adalah peranti penunjuk yang saat ini telah banyak dipergunakan oleh umum. Mouse digunakam untuk menunjuk data atau perintah yang ditampilkan dilayar monitor. 1. Sebuah mouse menggabungkan dua operasi penting berbasis layar: 2. Kemampuan menggerakkan kursor, dan 3. Kemampuan memilih suatu obyek pada layar kedalam satu Peranti 4. Gerakan mouse pada permukaan datar menentukan gerakan kursor pada layar, mouse umumnya mempunyai 1 sampai 3 tombol bagian atas untuk pilihan obyek. 2.2 Trackball Trackball dapat dilukiskan sebagai gabungan fungsi dari joystick dan mouse. Terdiri atas dasar yang tetap, yang menyangga sebuah bola. User hanya menggerakkan bola untuk memindahkan kursor. a. Sifat trackball: b. Mudah dipelajari c. Membutuhkan sedikit ruangan (seperti joystick) d. Dilaporkan oleh beberapa peneliti bahwa trackball adalah salah satu peranti penuding yang terefisin (dalam hal ketepatan dan kecepatan) e. Dikenal sebagai G-stick, accupoint adalah miniatur dari joystick yang diletakkan diantara kunci G dan H pada keyboard. Biasanya dipakai bersama dengan 2 fungsinya sama dengan mouse f. Karena accupoint ditempelkan pada keyboard, maka tidak memerlukan tambahan ruang untuk operasinya Accupoint dioperasikan cukup dengan 1 jari saja dan tidak memerlukan ruang. 2.3 Pointing Stick 1. Dikenal sebagai G-stick, accupoint adalah miniature dari joystick yang diletakkan diantara kunci G dan H pada keyboard. Biasanya dipakai bersama dengan 2 buah tombol dan fungsinya sama dengan mouse. 2. Karena accupoint ditempelkan pada keyboard, maka tidak memerlukan tambahan ruang untuk operasinya. 3. Accupoint dioperasikan cukup dengan 1 jari saja dan tidak memerlukan ruang. 2.4 Touchpad 1. Peranti penunjuk yang berupa tempat datar guna menggeser penunjuk pada layar monitor dengan cara menggeserkan tangan di atasnya. Untuk melakukan “klik” pada touchpad biasanya ada tombol yang terletak didekatnya atau cukup dilakukan dengan mengetuk touchpad tersebut. 2. Touchpad banyak digunakan pada laptop karena tidak memerlukan tempat kerja yang luas. 2.5 Touch Screen 1. Dapat gantikan panel sensitive sentuhan 2. Cara kerjanya adalah dengan mengintruksi matriks berkas cahaya atau dengan mendeteksi adanya perubahan kapasitansi atau bahkan pantulan ultrasonik. Keuntungan touch screen: a. Cepat & tidak membutuhkan pointer khusus b.Berikut pemilihan menu c. Membutuhkan sedikit atau tanpa tambahan ruang kerja Kerugian : a. Jari – jari dapat mengotori layar b. Dapat menyebabkan kelelahan lengan c. Cocok ditempatkan dalam lingkungan yang tidak ramah, misalnya: mesin pabrik, kabin pesawat, dll d. Jari tangan bukan alat penuding yang presisi, terutama untuk menuding bagian – bagian daerah yang kecil. 2.6 Joystick Gerakan kursor pada joystick dikendalikan sebuah tuas yang ditanamkan pada sebuah alas. Sifat Joystick : - Membutuhkan tempat yang sedikit. - Tidak mengganggu layar -Harganya murah, sehingga banyak digunakan pada permainan komputer (game) seperti :permainan pesawat, mobil balap dan sebagainya. 2.7 Piranti Petunjuk Berbentuk Pena Merupakan pena yang membangkitkan informasi ketika ditudingkan pada layar. Ketika light pen ditudingkan pada tampilan CRT, sebuah lensa memfokuskan setiap cahaya yang dipancarkan dari layar menuju sebuah detector cahaya atau photocell Permasalahan pada light pen: - pena dapat mengganggu layar - gampang rusak atau patah - melelahkan tangan 2.8 Light Pen Piranti masukan yang menggunakan media magnetis, alat ini sangat tepat dan memudahkan dalam pemindahan gambar, misalnya peta, dari gambar kertas kelayar komputer. 2.9 Digitizer tablet Digitizer tablet merupakan salah satu perangkat digitizer yang dapat mengkonversi gambar atau foto menjadi data digital. Perangkat ini berbentuk seperti papan plastic elektronis yang dilengkapi dengan mouse atau pena elektronis. Tablet akan dapat mengkonversi gerakan tangan pemakai menjadi sebuah sinyal digital input bagi komputer. BAB III PENUTUP KESIMPULAN - - Berdasarkan beberapa uraian diatas maka dapat kami simpul kan sebagai berikut : Peranti masukan merupakan perangkat masukan adalah perangkat keras komputer yang memungkinkan pemasukan data kedalam sistem komputer. Dalam hal ini data dapat berupa huruf, angka, gambar, suara, audio - video, dan bahkan gerakan. Jenis - jenis peranti masukan yaitu mouse, keyboard. DAFTAR PUSTAKA Kadir, Abdul ; Pengenalan Sistem Informasi ; Yogyakarta : Penerbit Andi ; 2003. Andi, dkk ; Kecil Wadah, Isi Melimpah pada Majalah Komputer Aktif ; No.55 ; Maret 2003. Heizer, Jay ; Render, Barry ; Operations Management ; New Jersey : Prentice-Hall ; 2001. http://sumurmunding.wordpress.com/2010/03/08/radio-frequency-identification-device-rfid/ http://irigomi.com/sejarah-manfaat-penggunaan-dan-pengertian-barcodebar-codekode-batang.html 2909-2012 jam 07.53 http://andriyan2.wordpress.com/2010/12/10/alat-input-dan-alat-output/ http://akasibrahim.blogspot.com

Judul: Makalah Tik

Oleh: Novita Rakhmawati


Ikuti kami