Jurnal Tugas

Oleh Acep Basri

515,8 KB 12 tayangan 0 unduhan
 
Bagikan artikel

Transkrip Jurnal Tugas

DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID STUDI EMPIRIS MATA PELAJARAN JAVA Acep Muhamad Basri ||3411171154 DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID STUDI EMPIRIS MATA PELAJARAN JAVA ABSTRAK Tujuan penelitian pengembangan desain media pembelajaran berbasis android studi empiris mata pelajaran ini adalah tetap dapt dijalankan bersamaan dengan media pembelajaran yang sebelumnya, sehingga penyampaian ilmu kepada para siswa lebih menarik, inovatif dan kreatif, hal ini dapat mengurangi tingkat kejenuhan atau kebosanan siswa dalam menerima matapelajaran. Model pengembangan yang digunakan mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil pengembangan berupa aplikasi android yang memuat materi mata pelajaran java, soal quiz beserta hasil nilai yang didapatkan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Android, Bahasa Pemrograman Java ABSTRACT The purpose of the research development media design-based learning, empirical studies of android these subjects are still can run concurrently with previous learning media, so that the delivery of science to students more attractive, innovative and creative, it can reduce the level of saturation or boredom students in receiving matapelajaran. The development Model used refers to the ADDIE model of development: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The development of android applications which contains the subjects matter java, along with the results of the quiz question of the value that it brings . Keywords: Learning Media, Android, Java Programming Language guru dan murid. Media pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya PENDAHULUAN dengan memanfatan perkembangan teknologi 1 Media pembelajaran merupakan sebuah media yang informasi dan komunikasi, salah satunya adalah digunakan untuk mentransfer ilmu antara internet. Teknologi internet semakin hari semakin tidak terbendung. Banyak orang, organisasi perusahaan menggunakannya, bahkan 1 Menurut Soetomo, Dasar-Dasar Interaksi Belajar telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat mengajar, (Surabaya : Usaha nasional, 1993), yang tidak dapat dipisahkan. hlm.197 bahwa Media berasal dari kata Rekayasa perangkat Lunak merupakan salah medium yang artinya perantara atau pengantar, satu program keahlian Sekolah Menengah kata medium ini berasal dari bahasa latin. Kejuruan. Dari sisi pandang bidang Ilmu Sehingga dapat dikatakan bahwa media komputer sub-bidang Rekayasa Perangkat Lunak merupakan wahana penyalur pesan atau bahasa pemrograman secara umum membahas informasi belajar. Mengacu pada beberapa ahli dasar-dasar pengertian Rekayasa Perangkat telah memberikan batasan mengenai Lunak, masalah dan pemecahan masalah, serta pengertian media ini, yaitu antara lain : (a) metode-metode pengembangan perangkat lunak. Wilbur Schraman (1977) menyebutkan bahwa Sub bidang bahasa pemrograman mengambil media adalah untuk teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan instruksional. (b) NEA (1969) mengatakan bahwa media adalah sarana komunikasi dalam adalah sarana fisik untuk menyampaikan bentuk cetak maupun pandang dengar, materi/isi pengajaran seperti: buku, film, video, termasuk teknologi perangkat keras. (c) Leslie. J. Brighgs (1997) menjelaskan bahwa media 10 porsi yang cukup besar bahasa pemrograman Java.1 Hal yang menarik dalam membahas perkembangan teknologi adalah teknologi mobile, hal ini terjadi karena perkembangan device mobile sangat cepat dan menarik. Salah satunya adalah device Android2 dengan kecanggihannya dan juga karena Android meruka sistem operasi mobile yang gratis dan open source.3 Akhir-akhir ini Android sebagai sebuah sistem operasi untuk gadget sepertinya semakin populer. Perangkat yang menggunakannya mulai dari handphone, smart phone, pc tablet, bahkan netbook. Kepopuleran ini rupanya makin lengkap pula oleh berbagai aplikasi yang sudah sangat banyak tersedia, baik aplikasi berbayar maupun aplikasi gratis.Berikut ini adalah beberapa aplikasi android yang berkaitan dengan dunia Matematika. Anda dapat dengan mudah mendownload aplikas-aplikasi tersebut dengan cara mengunjungi situs Google Play sebagai situs resmi dari google yang menyediakan beragam aplikasi untuk perangkat android. PEMBAHASAN slide, dan sebagainya. 2.1 Metode Pembelajaran dan Perkembangan Teknologi Informasi, Sebuah hubungan Kolaboratif Vol. 8 No 1, Dalam teknologi pendidikan, pemecahan masalah di gambarkan dalam bentuk semua sumber belajar yang didesain, dipilih dan digunakan untuk keperluan belajar. Sumbersumber belajar ini diidentifikasi sebagai orang, pesan, bahan, peralatan, teknik, dan lingkungan. Proses analisi masalah, penentuan cara pemecahan, elakasanaan dan evaluasi pemecahan masalah tersebut tercermin dalam fungsi pengembangan pendidikan dalam bentuk risetteori, desain, produksi, evaluasi-seleksi, logistic, pemanfaatan, dan penyebarluasan atau pemanfaatan. Proses pengarahan atau kondisi satu atau lebih fungsi-fungsi tercermin dalam fungsi pengelolaan pendidikan yang meliputi pengelolaan organisasi dan pengelolaan personel. Hubungan antara unsure-unsur ini dapat ditunjukkan dalam Model kawasan Teknologi pendidikan seperti berikut ini : Kawasan Teknologi 1 Dalam Kamus Dunia Komputer Dan Internet, Java adalah Bahasa Pemrograman tingkat tinggi berorientasi obyek yang dikembangkan oleh Sun microsystem pada tahun 1995. Source code java berakhiran .java dan setelah di komplikasi menjadi file bytecode berakhiran class. Keunggulan utama bahasa Java adalah multiplatform, yaitu dapat dijalankan pada bermacam-macam sistem operasi, seperti UNIX, Macintosh dan Windows, berkat adanya interpreter Java bernama Java Virtual Machine (JVM). Java menjadi populer karena banyak digunakan pada aplikasi World Wide Web (WWW) dalam bentuk aplikasi kecil bernama Java Applet. 2 Nazruddin Safaat H, Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, (Bandung, Informatika Bandung, 2012), hlm. 1. Berpendapat bahwa, Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile berbasis Linux yang mencakup sistem operasi, middleware dan aplikasi. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka. 3 Dalam Kamus Dunia Komputer Dan Internet, Open Source adalah Perintah-perintah program atau bahasa pemrograman yang tersedia secara gratis untuk digunakan oleh kalangan luas. Boleh dimodifikasi dan digunakan oleh siapa saja. Gambar 1. Kawasan Teknologi Pendidikan AECT,1979,hal,11 Komponen sistem pembelajaran yang telah disusun dalam fungsi, di desain, di sereksi kemudian dalam pemanfaatan dan dikombinasikan akan menjadi sistem instruksional yang lengkap. Hubungan antara teknologi pendidikan dengan teknologi instruksional, dapat digambarkan sebagai berikut : Hubungan antara teknologi pendidikan dengan teknologi Gambar 2. Hubungan antara teknologi pendidikan dengan teknologi instruksional (Soeharto, 1995: hal.12) instruksional Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer ASIA Malang 11 Vol. 8 No 1, Pola Instruksional Dimana Guru Membagi Tanggungjawab Bersama Dengan Media Dari gambar 5 diatas, ada dua bagian inti yang bisa mengintegrasikan Android dengan Moodle,5 perangkat Android itu sendiri dan Server yang terdiri dari Moodle dan database plus connected file yang berfungsi sebagai perantara.6 2.2.3 Desain Interface Gambar 3. Pola Instruksional (Miarso, 1984: hal.69) Dari bagan tersebut jelas bahwa kelancaran proses belajar mengajar dalam mencapai tujuan pembelajaran juga tergantung pada bagaimana merancang bedia sebagai bagian integral dalam proses tersebut, sehingga terjadi suatu interaksi yang kondusif antara guru dan siswa, dan antara media dengan siswa. Gambar 6. Tampilan Menu Aplikasi Android 2.2 Hasil Penelitian dan Pembahasan 2.2.1 Kondisi Awal Login menggunakan akun student yang sudah Diagram Konteks Sistem Informasi yang sedang terdaftar pada database.7 Maka ketika tombol login diklik system akan membawa kehalaman Berjalan utama Gambar 4. Diagram Konteks Sistem Informasi yang Gambar 7. Memilih JenisTugas Upload File sedang Berjalan. 2.2.2 Sistem Baru Gambaran Umum Sistem Media Pembelajaran Berbass Android Menurut tutorial dari website www.maflt.org, Moodle merupakan learning management system (LMS) atau virtual learning environment (VLE) 5 yang bersifat open source dan memiliki fitur-fitur yang cukup lengkap untuk penyelenggaraan kelas virtual . 6 Nazruddin Safaat H, Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, (Bandung, Informatika Bandung, 2012), hlm. 334. 7 Dalam Kamus Dunia Komputer dan internet menjelaskan pengrtian Database adalah Gambar 5. Gambaran Umum Sistem Media Pembelajaran Berbass Android 12 membentuk suatu bangun data. Database minimal terdiri dari satu file yang cukup untuk dimanupulasi oleh komputer sedemikian rupa. Sekumpulan file yang saling terkait dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer ASIA Malang Vol. 8 No 1, PENUTUP Berdasarkan analisa dan penelitian yang telah dilakukan pada N6 Malang, dapat disimpulkan bahwa, media pembelajaran bahasa pemrograman Java berbasis Android bukan menggantikan posisi media pembelajaran yang sudah dilaksanakan dan dijalankan pada saat ini oleh N6 Malang. Tetapi merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan atau digunkan secara bersamasama dengan media pembelajaran yang sudah dilakukan sebelumnya. Sehingga kedua sistem media pembelajaran tersebut dapat saling melengkapi. Pada umunya media pembelajaran yang berbasis android ini dapat digunakan 24 jam terhadapa aplikasi mobile ataupun Table PC yang dimiliki siswa dan guru. Apabila N6 Malang mengembangkan sistem media pembelajaran ini, hal yang perlu dippersiapkan adalah server yang mendukung sistem, sarana dan prasarana yang mendukung berjalanya media pembelajaran ini agar tetap dapat berjalan, sehingga dapat bermanfaat dalam penggunaannya. DAFTAR PUSTAKA [1]Huda, Arif akbarul, 2012. Pintar Pemrograman Android, Jogjakarta: Penerbit Andi [2]M.Burhan.R, Kamus Dunia Komputer Dan Internet, Surabaya : Indah platform Beginning Android Games. Apress. [3]Safaat H., Nazrudin, 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smart Phone dan Tablet PC Berbasis Android, Bandung : Penerbit Informatika [4]Sichitiu , Mihail L. 2010 Android Introduction - Platform Overview. [5]Soeharto, Karti, dkk, Teknologi Pembelajaran, Suabaya : SIC, 1995 [6]Soetomo, Dasar-Dasar Interaksi mengajar, Surabaya : Usaha nasional, 1993 Belajar

Judul: Jurnal Tugas

Oleh: Acep Basri


Ikuti kami